Berita Bisnis

Asia Pulp & Paper Bangun Pabrik Senilai US$ 3,5 Miliar di India

Kamis, 10 Januari 2019 | 22:16 WIB
Asia Pulp & Paper Bangun Pabrik Senilai US$ 3,5 Miliar di India

Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Yuwono triatmojo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peningkatan permintaan bubur kayu (pulp) dan kertas di India, mendorong Asia Pulp & Paper (APP) melancarkan ekspansi besar ke negara tersebut. Rabu (9/1), perusahaan Grup Sinarmas ini menandatangani nota kesepahaman atawa memorandum of understanding (MoU) dengan Andhra Pradesh Economic Development Board (APEDB), pemerintah negara bagian Andhara Pradesh, India.

Suhendra Wiriadinata, Chief Financial Officer (CEO) APP kepada KONTAN, Kamis (10/1) mengungkapkan, pembangunan pabrik di Andhara Pradesh dilaksanakan dengan pelbagai pertimbangan, termasuk nilai ekonomis serta logistik. "Termasuk lisensi dan keberlanjutan pasokan bahan baku kayu," terang Suhendra.

Mengenai besaran nilai investasi pada proyek tersebut, pihak APP memang tidak menyebutkannya. Namun berdasarkan pemberitaan media setempat, The Times Of India, total investasi pembangunan pabrik itu bernilai hingga US$ 3,5 miliar. Jumlah terebut setara Rp 49,42 triliun, dengan memakai kurs Rp 14.120 per dollar AS.

Menurut The Times Of India, pabrik itu kelak dtargetkan memiliki kapasitas sebesar 5 juta ton per tahun. Berdiri di erea seluas 1.000 hektare (ha), pabrik itu akan mempekerjakan setidaknya 4.000 tenaga kerja. Tidak hanya itu, pabrik tersebut juga akan menyerap secara tidak langsung 12.000 tenaga kerja dan menjadi sumber penghasilan bagi 50.000 peladang kayu.

Chief Executive Officer (CEO) APEDB, J Krishna Kishore sangat antusias menyambut kerjasama dengan APP. "Investasi senilai US$ 3,5 miliar ini merupakan salah satu foreign direct investment terbesar di India," tutur Krishna, seperti dikutip The Times Of India.

Terbaru