Berita Global

Donald Trump dan Kim Jong Un Akan Bertemu Lagi, Lokasi Belum Ditetapkan

Minggu, 20 Januari 2019 | 07:39 WIB
Donald Trump dan Kim Jong Un Akan Bertemu Lagi, Lokasi Belum Ditetapkan

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Sabtu (19/1) waktu setempat bahwa ia telah melakukan pertemuan "luar biasa" dengan utusan nuklir Korea Utara Kim Yong Chol. Kedua pihak telah membuat "banyak kemajuan" dalam denuklirisasi.

Gedung Putih mengumumkan, setelah pembicaraan antara Trump dan Kim pada hari Jumat, presiden AS akan mengadakan pertemuan puncak kedua dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada akhir Februari. Namun demikian AS tetap mempertahankan sanksi ekonomi terhadap Pyongyang.

"Itu adalah pertemuan yang luar biasa," kata Trump, berbicara kepada wartawan di Gedung Putih.

"Kami telah sepakat bertemu suatu waktu, mungkin akhir Februari. Kami telah memilih sebuah negara tetapi kami akan mengumumkannya nanti. Kim Jong Un sangat menantikannya dan saya juga," kata Trump.

"Kami telah membuat banyak kemajuan sejauh menyangkut denuklirisasi dan kami berbicara tentang banyak hal yang berbeda. Semuanya berjalan sangat baik dengan Korea Utara."

Trump dan Gedung Putih tidak memberikan rincian perundingan. Meskipun komentarnya optimis, tidak ada indikasi penyempitan perbedaan atas tuntutan AS bahwa Korea Utara meninggalkan program senjata nuklir yang mengancam permintaan Amerika Serikat dan permintaan Pyongyang untuk pencabutan sanksi.

Pertemuan puncak pertama pada bulan Juni 2018 di Singapura -pertemuan pertama antara presiden AS yang duduk dan seorang pemimpin Korea Utara- menghasilkan komitmen yang samar-samar Kim Jong Un untuk bekerja menuju denuklirisasi semenanjung Korea. Tetapi ia belum mengambil apa yang dilihat Washington sebagai langkah konkret ke arah itu.

Kritik terhadap upaya AS mengatakan, KTT pertama hanya meningkatkan status internasional Kim tanpa banyak menunjukkannya, dan beberapa percaya Trump mungkin melihat pertemuan kedua sebagai cara mengalihkan perhatian dari masalah domestiknya.

Trump tidak merinci negara yang dipilih untuk menjadi tuan rumah KTT, tetapi Vietnam telah dianggap sebagai kandidat utama.

Kim Yong Chol, dianggap sebagai anggota lingkaran dalam Kim Jong Un, juga melakukan pembicaraan pada hari Jumat dengan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan perwakilan khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Biegun.

Departemen Luar Negeri mengatakan kedua pihak mengadakan "pertemuan pertama yang produktif di tingkat pekerja" dan Biegun akan melakukan perjalanan ke Swedia pada akhir pekan untuk menghadiri konferensi internasional.

Konferensi ini juga dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui. Washington tertarik mengadakan pembicaraan antara Biegun dan Choe, tetapi Korea Utara menampik karena tampaknya ingin mempertahankan pertukaran tingkat tinggi.

Ditanya apakah keduanya akan bertemu di Stockholm, juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan: "Kami tidak memiliki pertemuan untuk diumumkan."

Terbaru