Berita Market

Emas Dominasi Transaksi di Bursa Berjangka

Selasa, 08 Januari 2019 | 08:49 WIB
Emas Dominasi Transaksi di Bursa Berjangka

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemilau emas masih memesona pemilik dana di Indonesia. Bukan hanya jual-beli emas fisik, transaksi di bursa berjangka juga didominasi oleh komoditas yang satu ini.

Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) mencatat, hingga akhir 2018 volume transaksi kontrak emas Loco mencapai sekitar 3,83 juta lot. Angka ini bertambah lebih dari 1 juta lot dibanding perolehan di akhir September 2018 lalu, yang baru 2,68 juta lot.
 
Kontrak emas Loco di pasar bilateral mendominasi transaksi di BBJ sepanjang 2018 lantaran secara keseluruhan total volume transaksi di bursa tersebut sekitar 6,73 juta lot. Dominasi ini sudah berlangsung sejak enam tahun lalu.
 
Kontrak emas juga menjadi yang tertinggi dalam transaksi multilateral. Jika digabung, volume transaksi si kuning di multilateral mencapai 576.854 lot. Kontrak berjangka emas 250 gram menjadi kontributor terbesar, dengan volume 354.490 lot.
 
Direktur Utama BBJ Stephanus Paulus Lumintang mengatakan, emas masih diincar oleh investor karena dianggap sebagai investasi yang menjanjikan. "Permintaan dari pasar juga selalu ada untuk emas," kata dia kepada KONTAN, Senin (7/1).
 
Kilau emas semakin terang lantaran tahun lalu kondisi ekonomi global sedang bergejolak. Belum lagi, pasar keuangan dalam negeri ikut terpuruk lantaran terpapar sentimen eksternal.
 
Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) di 2018 yang melemah membuat emas semakin diburu. Sebagai aset lindung nilai atawa safe haven, emas akhirnya diincar para investor.
Terbaru