Berita Market

Pelemahan Harga Batubara Akan Menekan Kinerja United Tractors (UNTR)

Rabu, 30 Januari 2019 | 07:34 WIB
Pelemahan Harga Batubara Akan Menekan Kinerja United Tractors (UNTR)

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren pelemahan harga batubara global membuat kinerja PT United Tractors Tbk di tahun ini tak terlalu oke dibanding kinerja 2018. Bahkan, perusahaan dengan kode emiten UNTR ini cenderung bersikap hati-hati dengan memangkas target penjualan alat beratnya.

Langkah tersebut diambil UNTR karena pemerintah juga memangkas target produksi batubara di tahun ini hanya 480 juta ton. Angka ini turun 5 juta ton dari produksi tahun lalu di 485 juta ton.

Di sisi lain, penurunan harga batubara juga kian terlihat jelas di awal tahun ini. Buktinya, Senin (28/1), harga batubara kontrak pengiriman bulan April 2019 di ICE Futures telah melemah 0,15% secara year to date (ytd) menjadi US$ 100,00 per metrik ton.

Analis JP Morgan Sekuritas Indonesia Indra Cahya mengatakan, pergerakan harga batubara dapat mempengaruhi kinerja UNTR. Kebijakan dari dalam negeri atau luar negeri mengenai produksi dan perdagangan batubara dapat menjadi sentimen bagi UNTR," tulis dia dalam risetnya.

Tren bearish batubara sebenarnya sudah terlihat sejak China mengerek produksi batubara. Pelemahan ekonomi global juga membuat permintaan batubara tak sebesar tahun lalu. Hal ini diantisipasi UNTR dengan menetapkan target penjualan alat berat menjadi 4.000 unit.

Hitungan Indra, tahun ini paling tidak penjualan alat UNTR sekitar 300–350 unit per bulan, sementara tahun lalu bisa 400 unit. Ini mengisyaratkan pertumbuhan penjualan bulanan Komatsu negatif sepanjang 2019, tegas dia.

Kontribusi Martabe

Analis Danareksa Sekuritas Stephanus Darmagiri menambahkan, walau penjualan alat berat terpangkas, namun kinerja UNTR bisa ditopang oleh kinerja PT Pamapersada Nusantara (PAM). PAMA akan menjadi stimulus pertumbuhan UNTR tahun ini, kata dia, kemarin. Sebab, anak usaha UNTR ini masih mempertahankan produksi batubaranya di 126 juta ton.

Bisnis aktivitas penggalian batuan penutup atawa overburded removal PAMA juga diramal masih positif. Target mencapai 950-980 juta bank cubic metre (BCM).

Tak hanya itu, UNTR juga bisa mendapat sokongan dari penjualan emas. Ini dilakukan setelah perusahaan selesai merampungkan akuisisi tambang emas Martabe di Sumatra Utara. Tahun ini kabarnya produksi emas Martabe mencapai 350.000 ons troi.

Analis Samuel Sekuritas Akhmad Nurcahyadi dalam riset per 28 Januari menyebut, Martabe dapat berkontribusi 10%-19% pada laba bersih UNTR yang diprediksi mencapai Rp 10,6 triliun. Sementara pendapatan anak usaha Astra Grup ini diperkirakan mencapai Rp 90,81 triliun.

Oleh karena itu, Akhmad dan Stephanus masih menyarankan beli saham UNTR dengan target harga masing-masing Rp 42.000 dan Rp 36.000 per saham. Sedangkan Indra memilih rekomendasi netral bagi UNTR dengan target harga Rp 28.000 per saham.

Terbaru