Berita Market

Prediksi Kurs Rupiah: Menuju Level Rp 15.000

Senin, 16 Maret 2020 | 05:46 WIB
Prediksi Kurs Rupiah: Menuju Level Rp 15.000

Reporter: Arvin Nugroho | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs rupiah diperkirakan kembali melemah pada hari ini. 

Pelemahan nilai tukar rupiah ini seiring pemerintah Indonesia mengkonfirmasi jumlah korban terjangkit corona yang terus meningkat.

Baca Juga: Cegah penyebaran virus corona, operasional MRT, LRT, dan Transjakarta dibatasi

Hingga Minggu (15/3) jumlah pasien positif corona bertambah menjadi 117 orang. Analis Monex Investindo Futures Andian Wijaya bilang, kabar tersebut akan membuat dollar AS makin berjaya dan memukul rupiah.

Sebab, pelaku pasar akan cenderung memilih memegang dollar AS sebagai aset yang likuid dan minim risiko. "Langkah investor yang akan lebih memilih mengamankan asetnya di dollar AS membuat rupiah keteteran," kata Andian.

Baca Juga: Proyeksi IHSG: Pekan Ini Cenderung Melemah Meski Hari Ini Berpotensi Menguat

Ekonom Pefindo Fikri C. Permana sependapat, kurs rupiah akan makin jatuh seiring bertambahnya korban Covid-19. Ini menyebabkan pelaku pasar pasar melakukan panic selling.

Andian memprediksi pada hari ini (16/3) potensi kurs rupiah kembali melemah cukup besar. Mengingat, jumlah korban virus corona terus bertambah. Selain itu, pelaku pasar akan cenderung wait and see menunggu kebijakan moneter The Fed, terutama soal suku bunga acuan.

Baca Juga: CPO Malaysia: Stok Menipis, China Masih Jadi Jawara

Menurut perhitungan Andian, kurs rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp 14.900-Rp 15.000 per dollar AS. Sementara, Fikri menganalisa kurs rupiah akan bergerak dengan rentang pergerakan Rp 14.550-Rp 15.050 per dollar AS.

Di pasar spot, Jumat (13/3), kurs rupiah ditutup Rp 14.778 per dollar AS, melemah 1,52% dibanding hari sebelumnya. Kurs tengah Bank Indonesia juga mencatat rupiah tunduk di hadapan dollar 2,19% ke posisi Rp 14.815 per dollar AS.

 

Terbaru