Berita Market

Proyeksi IHSG: Masih Kuat Mendaki Hingga Akhir Tahun

Selasa, 24 Desember 2019 | 05:54 WIB
Proyeksi IHSG: Masih Kuat Mendaki Hingga Akhir Tahun

ILUSTRASI. Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan saham di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (16/12/2019). Hingga akhir tahun, IHSG diproyeksikan masih akan menguat. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup menguat pada perdagangan Senin (23/12).

Kemarin, IHSG naik 0,34% ke 6.305,91. Investor asing pun memborong saham domestik dengan mencatatkan net buy sebesar Rp 420,83 miliar.

Baca Juga: Saham Industri Manufaktur Merosot, Begini Rekomendasi Analis premium

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai, penguatan IHSG kemarin tidak lepas dari aksi window dressing yang terjadi. Selain itu, bursa regional Asia yang menguat juga menopang pergerakan indeks.

Investor asing terlihat turut membeli saham di bursa saham Indonesia. Bahkan dalam sepekan, net buy asing tercatat mencapai Rp 6,13 triliun.

Analis Lotus Andalan Sekuritas Krishna Dwi Setiawan menilai, IHSG masih berpeluang menguat. Pasalnya, bursa saham global tengah bergerak dalam tren positif.

Baca Juga: IHSG Masih Akan Menguat Jelang Libur Akhir Tahun, Simak Rekomendasi Analis premium

Selain itu, menurut Krishna, sentimen negatif akibat kasus reksadana yang menimpa beberapa manajer investasi (MI) dan sempat menekan pergerakan IHSG sudah mulai memudar. Ini membuat kondisi bursa bulan ini lebih kondusif.

Krishna menilai, di sisa hari perdagangan tahun ini, sentimen positif masih akan mewarnai pergerakan IHSG. Ia memprediksi, IHSG mampu mencapai level 6.335 di akhir tahun.

 

Terbaru