Berita Market

Proyeksi IHSG: Pasar Mengantisipasi Data PDB

Selasa, 05 November 2019 | 05:09 WIB
Proyeksi IHSG: Pasar Mengantisipasi Data PDB

ILUSTRASI. Karyawan berjalan di dekat layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (1/11/2019). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama.

Reporter: Kenia Intan | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan pelemahan pada awal pekan ini. Senin (4/11), IHSG turun 0,43% ke 6.180,34. Sedangkan asing tercatat masih melakukan aksi beli bersih (net buy) sebesar Rp 240,33 miliar.

Analis Erdikha Elit Sekuritas Hendri Widiantoro mengatakan, pelemahan IHSG kemarin karena pelaku pasar mengantisipasi rilis data produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang akan dirilis Selasa (5/11).

"Sebab beberapa konsensus mengestimasikan pertumbuhan Juli-September melambat dibandingkan pertumbuhan saat ini dari kuartal sebelumnya," ujar dia.

Baca Juga: Tertekan sentimen harga gas, cermati prospek fundamental PGAS

Padahal, menurut Hendri, bursa Asia terangkat berkat kabar baik dari hubungan dagang AS dan China yang membaik dan cukup stimulus pergerakan indeks.

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Chris Apriliony memproyeksikan, antisipasi data PDB masih akan mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini. Para ekonom memperkirakan, PDB Indonesia kuartal III-2019 melambat bahkan bisa di bawah 5%.

Karena itu, Chris memperkirakan, IHSG akan kembali turun di kisaran 6.100 - 6.200. Sedangkan Hendri memperkirakan, IHSG akan cenderung menguat di kisaran 6.170 - 6.190.

Baca Juga: Di tengah aksi jual asing, saham apa yang bisa dicermati?

 

Terbaru