kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BCA dan Bank Mandiri siap adu gesek kartu kredit di akhir tahun


Selasa, 04 Desember 2018 / 16:35 WIB
BCA dan Bank Mandiri siap adu gesek kartu kredit di akhir tahun
ILUSTRASI. Kartu Kredit BCA Singapore Airlines


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank besar pemain kartu kredit di Tanah Air menyebut sampai akhir tahun gesekan kartu kredit masih terus tumbuh. 

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sampai Oktober 2018 telah menerbitkan kartu kredit mencapai 3,55 juta kartu. Jumlah tersebut praktis sudah menembus target akhir tahun 2018 yang dipatok 3,5 juta kartu.

Direktur BCA Santoso Liem menambahkan, dari sisi volume transaksi kartu kredit yang aktif sampai dengan Oktober 2018 nilainya sudah menembus Rp 56,9 triliun. Posisi ini diproyeksi masih dapat meningkat hingga akhir tahun 2018.

Menurutnya, secara tahunan jumlah kartu kredit BCA saat ini sudah naik sebesar 8% secara year on year (yoy) per Oktober 2018. Adapun dari sisi volume transaksi pertumbuhannya sudah mencapai 13% yoy.

"Perkiraan akhir tahun untuk jumlah kartu bisa tumbuh 8% dibandingkan 2017, dan untuk sales volume estimasi kami masih tumbuh 12%-13% pada Desember 2018," tuturnya kepada Kontan.co.id, Selasa (4/12).

Tahun depan, walau tidak dapat memperkirakan secara pasti, Santoso menilai pertumbuhan bisnis kartu kredit di BCA masih bakal selevel dengan capaian di tahun 2018.

Pihaknya saat ini tengah mengamati perkiraan situasi ekonomi di tahun 2019, termasuk dampak Pemilihan Presiden. "Saya pikir kami pertahankan saja growth-nya karena kan tahun politik ya, jadi kami sedang mengamati. Semoga tidak berdampak pada sistem pembayaran kartu (kredit)," sambungnya.

Sebelumnya, untuk mendorong pertumbuhan bisnis kartu kredit BCA telah meluncurkan kartu kredit co-branding dengan Singapore Airlines edisi KrisFlyer Infinite. Kartu kredit co-branding dengan Singapore Airlines tersebut merupakan edisi ketiga keluaran BCA.

Hal ini diharapkan dapat menjaring calon-calon nasabah yang suka berpergian (traveling) ke luar negeri. "Kami harap dengan kartu kredit hasil kolborasi BCA dan Singapore Airlines ini dapat memberikan nilai tambah bagi nasabah kami sekaligus mampu mengoptimalkan transaksi bisnis secara efektif dan efisien," tambahnya.

Sekadar informasi, khusus kartu kredit co-branding dengan Singapore Airlines saat ini tercatat sudah sebanyak 213.000 kartu dengan volume transaksi per Oktober Rp 9,7 triliun. "Pertumbuhannya cukup bagus, dari jumlah kartu naik 29% tapi dari sisi volume 38%," katanya.

Sampai akhir tahun, diharapkan jumlah kartu edisi co-branding dengan Singapore Airlines dapat mencapai 235.000 hingga 240.000 kartu. Tahun depan pertumbuhannya diperkirakan masih akan tinggi yakni 28% yoy.

Tak jauh berbeda dengan BCA, PT Bank Mandiri Tbk menyebut sampai dengan akhir Oktober 2018 lalu jumlah volume transaksi kartu kredit Mandiri sudah tumbuh 9% yoy. SVP Credit Card Bank Mandiri Vira Widyasari menuturkan capaian tersebut praktis sudah mendekati target yang dipatok Bank Mandiri yakni sebesar 10% yoy.

Pihaknya optimistis target pertumbuhan kartu kredit dapat tercapai, mengingat peningkatan transaksi kartu kredit yang cenderung lebih deras pada Desember 2018. "Kami menargetkan volume transaksi Mandiri kartu kredit di tahun 2018 dapat tumbuh 10%. Mengingat pertumbuhan hingga Oktober 2018 telah mencapai 9% ditambah lagi dengan tren peningkatan transaksi di akhir tahun," katanya.

Bank berlogo pita emas ini telah menyiapkan segelintir program spesial akhir tahun berupa cashback dan bonus langsung untuk seluruh transaksi selama akhir pekan di bulan Desember 2018 dan Januari 2019.

Benefit cashbank dan bonus langsung berlaku untuk seluruh transaksi online di tangal 11-12 Desember 2018 dalam rangka promo Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada (12/12) yang melibatkan berbagai e-commerce favorit seperti Bukalapak, Lazada, Blibli, Tokopedia, Shopee, JD.ID dengan program berupa diskon langsung hingga 93% untuk nasabah Bank Mandiri, dan cicilan 0% hingga 12 bulan untuk mandiri kartu kredit.

Selain itu Bank Mandiri telah bekerjasama dengan merchant favorit nasabah diantaranya bagi fesyen lovers, diberikan program spesial dengan MAP Fashion berupa diskon langsung 10%, cashback voucher, tambahan diskon hingga 25% dengan fiestapoin dan cicilan hingga 6 bulan.

Travellers juga akan dimanjakan dengan program travel unggulan dengan Traveloka yaitu diskon hingga Rp 500ribu dan cicilan hingga 12 bulan. Beragam promo diskon juga diberikan di berbagai restoran favorit untuk menemani liburan akhir tahun nasabah Bank Mandiri.

Guna terus mendongkrak gesekan kartu kredit, perseroan juga memiliki promo berupa welcome bonus hingga Rp 1 juta bagi nasabah baru kartu kredit Mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×