Berita *Global

Daimler Jual Fasilitas Produksi di Brasil ke Great Wall

Kamis, 19 Agustus 2021 | 11:01 WIB
Daimler Jual Fasilitas Produksi di Brasil ke Great Wall

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Pekerja di pabrik Mercedes Benz menyiapkan logo di fasilitas milik Daimler di Rastatt, Jerman, 4 Februari 2019. REUTERS/Kai Pfaffenbach/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BEIJING/RIO DE JANEIRO. Daimler AG menjual fasilitas produksi mobil di Brasil ke Great Wall Motor Co Ltd China, demikian pernyataan pembuat mobil Jerman itu, Rabu (19/8). Transaksi yang tidak diungkap nilainya itu, menandai kehadiran pertama pabrikan otomotif China di ekonomi terbesar Amerika Latin itu.

Daimler, Desember lalu, menyatakan rencana penghentian kegiatan produksi mobil di Brasil, dan menutup pabrik yang memproduksi kendaraan mewah Mercedes Benz sejak 2016.

Mercedes membuka pabrik di kota Iracemapolis, negara bagian Sao Paulo, untuk mengikuti kebijakan industri Brasil. Pemerintah Brasil di masa itu mengharuskan sejumlah produsen otomotif untuk membuka pabrik, jika ingin menjual produknya dalam volume besar di pasar  lokal.

Di masa pandemi, kebijakan itu menyebabkan industri otomotif kelebihan kapasitas, karena pemulihan yang berjalan teramat pelan.

Daimler mengatakan pada bulan Desember bahwa penurunan penjualan mobil mewah selama pandemi Covid-19, menjadikan pengoperasian pabrik, yang berdiri di atas lahan seluas 1,2 juta meter persegi, tidak lagi sustainable.

Great Wall, dalam pernyataan terpisah, mengatakan pabrik akan memiliki kapasitas produksi tahunan 100.000 kendaraan.

Selanjutnya: Anggaran K/L 2022 Siap Dipangkas 10% untuk Cadangan Covid-19

 

Terbaru