kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini parameter Basarnas lakukan perpanjangan operasi atau tidak


Rabu, 07 November 2018 / 16:46 WIB
Ini parameter Basarnas lakukan perpanjangan operasi atau tidak
ILUSTRASI. Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya M Suagi


Reporter: TribunNews | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi menjelaskan parameter terkait keputusan perpanjangan waktu operasi pencarian pesawat Lion Air PK-LQP oleh Basarnas adalah penemuan para korban.

Muhammad Syaugi mengatakan, bila Basarnas berhasil menemukan setidaknya satu korban di lokasi pencarian, maka proses operasi bisa diperpanjang. Namun bila dalam satu hari sama sekali tidak ditemukan korban, maka keputusan soal perpanjangan operasi akan ditentukan pada hari berikutnya.

"Parameter perpanjangan operasi ini yang utama adalah korban, kalau kemungkinan bisa ditemukan, ya diperpanjang. Kalau misal besok tidak dapat, kita tunggu sehari lagi," kata Muhammad Syaugi, di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (7/11).

Jika sehari setelahnya penemuan korban tetap nihil, maka operasi pencarian yang dipimpin oleh Basarnas akan dihentikan."Jadi kalau sudah tidak ada (korban ditemukan), tidak diperpanjang," ujarnya.

Tren penemuan korban juga disebut alami penurunan. Hal itu terjadi karena kapal-kapal yang sebelumnya membantu untuk pencarian, seperti kapal milik PT Pertamina, sudah tak lagi dilibatkan karena telah memiliki tugas diluar operasi. "Mulai besok sudah tidak ada. Karena kapal-kapal itu ada tugas yang lain," ujarnya.

Sementara untuk tim Basarnas, terdapat 220 personel, dengan 60 penyelam yang siap sedia menjalankan operasi pencarian. Ada 40 penyelam yang terjun ke lokasi jatuhnya pesawat Lion Air, sedangkan 20 lainnya standby di posko Basarnas JICT 2.

Menurut Muhammad Syaugi, jumlah personel tersebut sudah sangat cukup untuk melanjutkan operasi pencarian selama tiga hari ke depan. "Sangat cukup untuk melanjutkan operasi tiga hari ke depan," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Basarnas telah memutuskan untuk kembali memperpanjang operasi search and rescue selama tiga hari ke depan hingga Sabtu (10/11). Pemberlakuan perpanjangan itu khusus bagi Basarnas sendiri. 

Perpanjangan tersebut juga merupakan kali keduanya setelah Basarnas memperpanjang operasi pencarian pada Minggu (4/11). (Danang Triatmojo)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Ini Parameter Basarnas Lakukan Perpanjangan Operasi Atau Tidak"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×