Berita

Investor Asing Masih Borong Saham Bank dan Teknologi

Rabu, 19 Januari 2022 | 04:20 WIB
Investor Asing Masih Borong Saham Bank dan Teknologi

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak awal tahun, dana asing masih mengalir masuk di bursa saham Indonesia. Mengutip RTI, sejak awal tahun (ytd) dana asing yang masuk di pasar reguler sebesar Rp 6,76 triliun dan di seluruh pasar Rp 4,95 triliun.

Saham-saham yang paling banyak diburu sejak awal tahun datang dari sektor perbankan. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) misalnya memiliki net foreign buy (NFB) sebesar Rp 2,3 triliun. Selanjutnya, PT Bank Jago Tbk (ARTO) senilai Rp 1,2 triliun, PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Rp 817 miliar, dan Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Rp 400,5 miliar.

Di sektor teknologi dan telekomunikasi asing memburu saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) dengan nilai beli bersih sebesar Rp 545,1 miliar. Lalu, PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) senilai Rp 286,2 miliar.

Baca Juga: Saham-Saham Ini Banyak Dijual Asing Saat IHSG Ambruk Selasa (18/1)

Head of Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana memaparkan sektor perbankan banyak diburu lantaran saat ini adalah masa pemulihan ekonomi. "Sehingga kebutuhan pendanaan akan sangat besar untuk memutar roda perekonomian," ujar dia. 

ARTO banyak diburu karena diharapkan menjangkau masyarakat yang selama ini belum bankable dengan ekosistem Goto. "Sehingga meski sekarang fundamental belum baik proyeksi pertumbuhannya tinggi," kata Wawan. 

Investor juga banyak masuk ke saham emiten sektor tekonogi dengan eksposur ke financial technology (fintech) dan media, karena dipandang menguntungkan. Kemudian TLKM juga menjadi incaran karena menjadi salah satu emiten yang mampu bertahan saat pandemi. Selain itu, IPO MTEL juga diproyeksikan menguntungkan untuk ekspansi jangka panjang.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menambahkan investor asing memburu saham emiten tersebut juga karena capaian kinerja yang membaik di 2021. "Untuk saham sektor teknologi karena angin yang berpihak pada saham tersebut dan masih terbawa memasuki 2022 ini," pendapat Ivan. Bagi Binaartha, saham emiten yang diburu asing masih menarik.

Ivan merekomendasikan beli saham perbankan seperti BBCA, BBRI dan ARTO. Dia menyarankan TLKM dan EMTK dengan target Rp 4.400 dan Rp 2.200. 

Baca Juga: Saham Properti Masih Datar Walau Ada Sentimen IKN Baru, Begini Kata Analis

Sedangkan Wawan merekomendasikan BBCA, BBRI, dan TLKM. Wawan juga mengingatkan agar investor selalu memperhatikan bisnis, valuasi, dan likuiditas. "Idealnya masuk saham ada exit strategy," ujar dia.

Terbaru
IHSG
7.288,81
0.29%
-21,28
LQ45
985,97
0.44%
-4,40
USD/IDR
15.853
0,35
EMAS
1.222.000
0,41%