kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasamarga Solo Ngawi mendapatkan kredit sindikasi Rp 1,26 triliun


Rabu, 14 November 2018 / 20:01 WIB
Jasamarga Solo Ngawi mendapatkan kredit sindikasi Rp 1,26 triliun
ILUSTRASI. Jalan Tol Solo-Ngawi Siap Beroperasi Secara Resmi


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) mendapatkan kredit sindikasi untuk dana talangan tanah (DTT) sebesar Rp 1,26 triliun guna mempercepat pengerjaan Jalan Tol Solo-Ngawi.

Anak usaha PT Jasa Marga Tbk (JSMR) tersebut melakukan penandatanganan kredit sindikasi dengan Bank Mandiri, BNI, dan BRI sebagai pemberi pinjaman tersebut pada 13 November 2018 lalu. Direktur Keuangan JSN Yudhi Mahyudin mengatakan, kerjasama tersebut akan mengurangi beban keuangan perusahaan karena sebelumnya JSN meminjam ke pihak ketiga dengan suku bunga tinggi. "Sekarang, suku bunganya lebih rendah sehingga bisa menghemat financial cost kami,” ungkap Yudhi dalam keterangan resminya, Rabu (14/11).

Yudhi menambahkan, kredit tersebut akan digunakan untuk memproses Uang Ganti Rugi (UGR) tanah kepada masyarakat yang saat ini sudah berjalan. “Dalam pembebasan tanah ini, kami juga dikontrol. Jadi, kami tidak membebaskannya sendiri. Rekening kami juga akan dikontrol oleh Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT)." ujarnya.

Penandatanganan kredit sindikasi ini merupakan perwujudan sinergi BUMN, lebih rincinya antara Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan institusi perbankan sebagai kreditur.
Dalam perjanjian tersebut, baik Bank Mandiri, BNI, dan BRI masing-masing memberikan kredit maksimal sebesar Rp 421.349.985.000. Jangka waktu pemberian pinjaman kredit ini adalah 24 bulan sejak tanggal perjanjian kredit sindikasi ini ditandatangani.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Solo-Ngawi memiliki panjang 90,43 km yang terbagi dalam dua bagian pekerjaan, yaitu bagian yang dikerjakan oleh Pemerintah mulai STA 0+000- STA 21+081,5 sepanjang 21,08 km, sedangkan mulai dari STA 21+081,5- STA 90+43 sepanjang 69,35 km dikerjakan oleh PT JSN.

Jalan Tol Solo-Ngawi telah dioperasikan tanpa tarif sebagai jalan tol fungsional pada pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 lalu. Kala itu, peran jalan tol fungsional Solo-Ngawi terbukti memperlancar arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Jalan Tol Solo-Ngawi sendiri merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang tergabung dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Dukungan infrastruktur jalan tol tersebut menjadi salah satu upaya dalam memecah masalah transportasi darat dan konektivitas baru. Selain itu, jalan tol tersebut juga dapat berdampak positif bagi ekonomi kawasan secara umum, khususnya lingkungan sekitar Jalan Tol Solo-Ngawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×