Berita Market

Peminat Lelang SUN Membaik, SUN Tenor 10 Tahun Diburu

Rabu, 09 Juni 2021 | 06:00 WIB
Peminat Lelang SUN Membaik, SUN Tenor 10 Tahun Diburu

Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peminat lelang surat utang negara (SUN) terlihat stagnan. Lelang SUN pada Selasa (8/6) mendapat penawaran Rp 78,45 triliun, lebih tinggi dari lelang SUN sebelumnya, 25 Mei 2021, yang senilai Rp 78,16 triliun.

Lewat lelang SUN tersebut, pemerintah menyerap Rp 34 triliun. Seri FR0087 yang jatuh tempo pada 15 Februari 2031, menjadi seri paling banyak diburu investor dengan penawaran masuk sebesar Rp 33,74 triliun.

Head of Fixed Income Trimegah Asset Darma Yudha melihat, kepercayaan investor dan likuiditas di pasar obligasi Indonesia membaik. Selain itu, pengendalian Covid-19 di Indonesia juga cukup baik.

Baca Juga: Pasar obligasi Indonesia masih diminati investor

Terlebih lagi, data eksternal semisal non farm payroll (NFP), masih belum terlalu solid. Semisal data NFP yang masih di bawah ekspektasi, meski program vaksinasi sudah masif dan di atas 40%. Kondisi ini kata Darma, tidak akan membuat AS tapering.

Kondisi AS masih belum terlalu stabil, menjadi salah satu sentimen utama penawaran yang masuk ke Indonesia tinggi. "Investor asing melihat Indonesia sebagai negara yang masih menawarkan imbal hasil yang cukup menarik," imbuh Darma.

Director & Chief Investment Officer Fixed Income Manulife Aset Management Indonesia Ezra Nazula juga sepakat menyebut, hasil lelang SUN masih ramai karena yield yang ditawarkan cukup kompetitif. Apalagi, imbal hasil US Treasury sudah stabil sehingga penawaran yang masuk pun meningkat. "Ini sudah bisa stabil nampak dari yield untuk tenor 10 tahunan sekitar 6,4%-an. Relatif masih menarik, mengingat inflasi masih rendah, masih di bawah level 3%," kata Ezra, Selasa (8/6).

Baca Juga: Penawaran diperkirakan berkurang, simak 7 seri SUN yang dilelang pada Selasa (8/6)

Ezra menambahkan, makro ekonomi yang relatif menarik dan stabil, serta suku bunga Indonesia stabil menjadi sentimen positif bagi pasar obligasi. "Lelangnya bagus, lelang yang dimenangkan juga sesuai, sehingga market sendiri masih suportif setelah hasil lelang keluar," ujar Ezra.

Di lelang ini, seri FR0087 paling banyak diburu investor. Seri ini juga sekaligus menjadi seri yang paling banyak dimenangkan dalam lelang kali ini. Di mana, nominal yang diserap pemerintah mencapai sekitar Rp 14,6 triliun, dengan yield rata-rata yang dimenangkan sebesar 6,38%.

Menurut Ezra, seri 10 tahun adalah seri tolak ukur, paling likuid, paling banyak diperjual belikan, dan demand-nya paling tinggi. "Wajar saja yang demand paling banyak di tenor 10 tahun karena itu seri memang benchmark paling utama untuk pasar obligasi kita," jelasnya.

Baca Juga: Penawaran lelang SUN hari ini mencapai Rp 73,46 triliun, naik tipis dari pekan lalu

Minat investor pada seri tenor 10 tahun juga memberi arti jika investor mulai tertarik pada aset berisiko. Darma bilang, makin panjang tenor risiko, yield yang didapat lebih tinggi. Dengan hasil lelang saat ini, dia menilai investor sudah lebih percaya diri.
 

Terbaru