Berita Global

Perluas Pilihan Investor, Bursa Shenzen dan Singapura Kembangkan ETF Lintas Negara

Rabu, 29 Desember 2021 | 10:26 WIB
Perluas Pilihan Investor, Bursa Shenzen dan Singapura Kembangkan ETF Lintas Negara

ILUSTRASI. FILE PHOTO - Logo Singapore Exchange (SGX) yang terpasang di kantornya di kawasan keuangan Singapura 23 April 2014. REUTERS/Edgar Su/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Bursa Efek Shenzhen China dan Bursa Singapura (SGX) berkomitmen untuk kerjasama perdagangan exchange trade fund (ETF) lintas negara, demikian pernyataan kedua bursa. Kerjasama itu bertujuan untuk memperluas pasar sekaligus pilihan investasi bagi kedua bursa.

Merujuk ke Memorandum of Understanding (MoU) untuk kerjasama tersebut, kedua bursa akan bersama-sama mengembangkan dan mempromosikan pasar ETF di Singapura dan China melalui investasi lintas negara, demikian pernyataan kedua bursa dalam pernyataan terpisah pada Selasa (28/12).

MoU tersebut merupakan langkah terbaru China untuk membuka pasar modalnya. Awal bulan ini, bursa China dan Hong Kong setuju untuk menambahkan ETF ke skema koneksi saham mereka, dan regulator sekuritas China mengumumkan rencana untuk memperluas Shanghai-London Stock Connect untuk memasukkan pasar modal di Jerman dan Swiss.

 Baca Juga: Akuisisi dan Merger Perbankan Diramal Makin Marak Tahun Depan, Ini Penyebabnya

“Permintaan yang kuat untuk ETF di Asia menggarisbawahi peran kawasan yang berkembang sebagai hub ETF global dan kami sangat senang dengan berbagai peluang yang dapat dibawa oleh kemitraan ini,” ujar Loh Boon Chye, Chief Executive Officer SGX, seperti dikutip dalam pernyataan tertulis.

Sha Yan, Presiden & CEO bursa Shenzhen, mengatakan perjanjian itu akan meningkatkan peluang investasi lintas negara dengan pilihan yang semakin beragam bagi investor di China dan Singapura.

Pada akhir November, aset ETF yang terdaftar di Singapura melebihi 12 miliar dolar Singapura ($8,86 miliar), naik hampir 50% dari tahun sebelumnya, kata SGX. Bursa Efek Shenzhen saat ini mencantumkan 212 ETF dengan kapitalisasi pasar gabungan sebesar $39 miliar.

Terbaru