Berita Market

Scomi Marine Bakal Divestasi 80,54 Persen Saham Rig Tenders, Saham RIGS Langsung ARA

Jumat, 27 Agustus 2021 | 15:04 WIB
Scomi Marine Bakal Divestasi 80,54 Persen Saham Rig Tenders, Saham RIGS Langsung ARA

ILUSTRASI. Armada kapal penunjang bisnis minyak dan gas lepas pantai dan kapal tunda penarik tongkang batubara milik PT Rig Tenders Indonesia Tbk (RIGS). DOK/RIGS

Reporter: Tedy Gumilar | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemegang saham pengendali PT Rig Tenders Indonesia Tbk (RIGS) bakal segera berganti. Ini seiring rencana penjualan saham oleh Scomi Marine Services Pte Ltd.

Scomi Marine Services saat ini berstatus sebagai pemegang saham mayoritas sekaligus pengendali RIGS. Perusahaan itu memiliki 490.597.000 lembar, setara 80,54% saham RIGS. Sementara 19,46% saham RIGS yang lain dikempit investor dengan kepemilikan di bawah 5%. 

Nah, merujuk pengumuman yang dipublikasikan manajemen Rig Tenders, Jumat (27/8), Scomi Marine Services dan PT Surya Indah Muara Pantai telah meneken Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) pada 26 Agustus 2021.

 

 

Berdasar perjanjian itu, Scomi Marine Services akan menjual seluruh saham RIGS yang dimilikinya kepada PT Surya Indah Muara Pantai. 

Jika proses negosiasi tersebut berjalan mulus, PT Surya Indah Muara Pantai akan menggantikan posisi Scomi Marine Services sebagai pemegang saham mayoritas dan pengendali RIGS.

Baca Juga: Permohonan PKPU Tridomain Performance (TDPM) Oleh Mandiri Manajemen Investasi, Kandas

PT Surya Indah Muara Pantai merupakan perusahaan yang memiliki kegiatan usaha di bidang transportasi dan pergudangan serta perdagangan besar dan eceran. Perusahaan itu tercatat berbasis di Samarinda, Kalimantan Timur.

Sejauh ini belum diketahui berapa harga pelaksanaan dan nilai transaksi jual-beli saham RIGS tersebut. 

Yang jelas, pengumuman rencana tersebut membuat harga saham RIGS langsung terbang. Tadi pagi (27/8) saat perdagangan saham baru dimulai beberapa menit, harga saham RIGS langsung mentok di batas atas auto rejection (ARA).

Hingga perdagangan saham hari ini ditutup, saham RIGS anteng berada di Rp 264 per saham, atau melonjak 24,53%.

Selanjutnya: Para Investor Kakap Untung Besar Berkat Harga Saham DMMX yang Terbang 1.315,97 Persen

 

Terbaru