Berita Saham

Simak Rekomendasi Saham yang Bisa Dilirik Saat IHSG Bergerak Terbatas

Rabu, 20 Juli 2022 | 07:45 WIB
Simak Rekomendasi Saham yang Bisa Dilirik Saat IHSG Bergerak Terbatas

ILUSTRASI. Seorang pria melintasi layar digital pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (24/6/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil menguat 1,15% ke level 6.736,09 pada perdagangan Selasa (19/7). Bersamaan, investor asing mencatatkan beli bersih Rp 225,78 miliar di pasar reguler. Tapi beli bersih di seluruh pasar cuma sebesar Rp 58,03 miliar

Hari ini (20/7), Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai, IHSG masih berpeluang menguat, tetapi terbatas. Proyeksi dia, IHSG akan bergerak dengan level support 6.600 dan resistance 6.757.

Herditya menilai, investor masih cenderung wait and see terhadap keputusan suku bunga Bank Indonesia (BI) dan bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve.

Baca juga: Rekomendasi Saham Hari Ini (20/7): 8 Pilihan Saham Bank dan Lainnya 

Baca juga: Ini Saham yang Bakal Untung dan Buntung Jika Bunga BI Naik 

Baca juga: Prospek Saham Perbankan di Tengah Kenaikan Bunga dan Ekspansi Kredit

"Kalau dari konsensus, BI 7-day-RR diperkirakan akan cenderung tetap. Namun, proyeksi ekonom MNC Sekuritas, BI akan meningkatkan suku bunga sebesar 25 basis poin," terang Herditya, kemarin. Saham AALI, MDKA, PTBA, dan BMRI secara teknikal dapat dicermati hari ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menilai, pelaku pasar masih tampak cukup percaya diri mengakumulasi saham di tengah kondisi regional yang relatif baik. Selain menanti keputusan bunga BI, investor juga menunggu kinerja emiten untuk periode semester pertama 2022.

Ini berkaca pada pergerakan saham perbankan yang cenderung tertahan, sementara sektor lain menopang penguatan IHSG. “Maka memang pelaku pasar masih menahan diri pada saham bank sambil menanti rilis laporan keuangan kuartal kedua 2022,” terang Ivan, Selasa (19/7).

Dia memproyeksikan, IHSG masih berpotensi melanjutkan penguatan, di mana level resistance ada di 6.768 serta support terdekat di 6.700. “Saham yang bisa dicermati ADMR, BUKA, EMTK dan AKRA,” kata Ivan.

Sementara itu, Analis Phillip Sekuritas Indonesia Joshua Marcius memprediksi IHSG akan bergerak di rentang support 6.602 dan resistance 6.815 pada hari ini. Saham-saham yang menarik dicermati hari ini menurut Joshua adalah AKRA, ELSA, INDF, GZCO, dan TAPG.

Senada dengan analis lainnya, Joshua menyebut sentimen yang mungkin akan berpengaruh terhadap pergerakan IHSG adalah pengumuman suku bunga BI pekan ini.

 

Terbaru