Berita Ekonomi

Dukung Mobil Listrik, CNGR China Investasi US$ 5 Miliar

Senin, 14 November 2022 | 08:56 WIB
Dukung Mobil Listrik, CNGR China Investasi US$ 5 Miliar

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan paparannya saat menghadiri Sesi Pleno Kelima B20 Summit Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Minggu (13/11/2022).

Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Adinda Ade Mustami

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama dengan CNGR Advanced Material Co Ltd, menandatangani nota kesepahaman dalam kegiatan B20 Investment Forum, Jumat (11/11). CNGR Advanced Material Co Ltd merupakan perusahaan produsen ternary precursor  asal China.

Penandatangan nota kesepahaman ini menjadi langkah awal kesepakatan kerja sama proyek jangka panjang dengan total nilai investasi mencapai US$ 5 miliar. Proyek investasi ini akan mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri. Dalam nota kesepahaman itu, Kementerian Investasi bertanggung jawab untuk membantu CNGR memperoleh semua penerbitan izin proyek dan insentif investasi dari pemerintah. 

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, pihaknya akan memberikan kemudahan bagi para investor yang hendak melakukan investasi di dalam negeri. Terutama dengan memfasilitasi kemudahan dalam penerbitan izin usaha dan insentif bagi para investor.

Menurut dia, seluruh perizinan investasi sekarang terpusat di sistem Online Single Submission (OSS) berbasis risiko. "Tax holiday dan tax allowance itu dulu di Kementerian Keuangan, sekarang cukup di Kementerian Investasi," tegas Bahlil dalam keterangan resmi, Minggu (13/11).

Terbaru