Berita Refleksi

Eling Lan Waspada di Proyek Infrastruktur

Oleh Sandy Baskoro - Redaktur Pelaksana
Minggu, 02 Juli 2023 | 09:00 WIB
 Eling Lan Waspada di Proyek Infrastruktur

Reporter: Sandy Baskoro | Editor: Asnil Amri

Lampu kuning menyala di proyek infrastruktur pemerintah. Kali ini, peringatan tersebut datang dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Auditor negara itu mengingatkan pemerintah atas efek pembengkakan biaya (cost overrun) proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Dalam Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2022, BPK menyatakan skema pembiayaan untuk menutupi pembengkakan biaya proyek kereta cepat berpotensi membebani keuangan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Sejak 2021, KAI memimpin Konsorsium Indonesia menggantikan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Bergesernya kepemimpinan konsorsium melempangkan jalan bagi aliran uang negara untuk masuk ke proyek kereta cepat. Maklumlah, WIKA berstatus terbuka sehingga perlu proses lebih panjang ihwal setoran dana PMN. Laju kinerja WIKA juga sedang tidak mulus. Padahal sebelumnya Presiden Joko Widodo berjanji tidak akan memakai dana APBN di proyek kereta cepat.

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Bayar per artikel

Hanya Rp 5.000 untuk membaca artikel ini

Rp 5.000

Berlangganan dengan Google

Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran karena Google akan mengingat metode yang sudah pernah digunakan.

Terbaru