KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para operator telekomunikasi semakin agresif menyasar segmen korporasi atau business to business (B2B). Ekspansi ini sejalan dengan pertumbuhan bisnis ritel yang mulai jenuh.
PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) misalnya, telah menggabungkan unit business to consumer (B2C). Saat ini, segmen ritel TLKM diserahkan ke PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). TLKM sendiri akan lebih fokus mengembangkan segmen B2B. Bahkan, TLKM terus membesarkan data center hingga merancang pembentukan InfraCo.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Berlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.