ILUSTRASI. Melihat ekspansi emiten telekomunikasi di segmen business to business. REUTERS/Beawiharta
Reporter: Yuliana Hema | Editor: Narita Indrastiti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para operator telekomunikasi semakin agresif menyasar segmen korporasi atau business to business (B2B). Ekspansi ini sejalan dengan pertumbuhan bisnis ritel yang mulai jenuh.
PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) misalnya, telah menggabungkan unit business to consumer (B2C). Saat ini, segmen ritel TLKM diserahkan ke PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). TLKM sendiri akan lebih fokus mengembangkan segmen B2B. Bahkan, TLKM terus membesarkan data center hingga merancang pembentukan InfraCo.
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? Masuk
Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.