KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemperin) menyebutkan, perkembangan industri kosmetik lokal tak lepas dari peran pelaku industri kecil dan menengah (IKM) kosmetik yang jeli memanfaatkan bahan baku lokal. Termasuk, memadupadankan tradisi budaya setempat atawa local wisdom dengan tren pasar.
Berdasarkan data Bdan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi), jumlah perusahaan kosmetik di Indonesia pada 2023 sebanyak 1.039 pelaku usaha, dengan 89,2% merupakan IKM.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Berlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.