Konsumsi Emosional Mendorong Ekonomi China di Tengah Ketidakpastian

BEIJING. Liu Meixuan, seorang karyawan di sebuah perusahaan e-commerce di China, terbilang hemat dalam urusan makanan dan minuman. Dia kerap membeli minuman murah di Chagee, jaringan gerai teh di China. Bahkan ia kerap menggunakan kupon diskon, agar harga minuman yang ia beli jadi makin murah.
Tapi, kalo soal urusan hobi, lain lagi ceritanya. Wanita berusia 26 tahun tersebut rela keluar duit besar untuk mendapat kartu bergambar idola K-pop kesukaannya. Sebagaimana penuturan Liu ke Bloomberg, ia menaksir telah menghabiskan US$ 9.600, sekitar Rp 158 juta, untuk hobinya tersebut.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Business Insight
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan