Berita Nasional

Layanan 44 Lembaga Belum Pulih

Kamis, 27 Juni 2024 | 07:17 WIB
Layanan 44 Lembaga Belum Pulih

ILUSTRASI. Direktur Network dan IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijarnako (tengah) bersama Direktur Jendral IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong (kanan) dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letjen (Purn) TNI Hinsa Siburian (kiri) menyampaikan perkembangan penanganan gangguan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Jakarta, Rabu (26/6/2024). Dalam konferensi pers tersebut Pemerintah menjelaskan dua tahapan skema pemulihan migrasi data yang dilakukan sebagai imbas dari adanya insiden serangan siber yang terjadi pada PDNS 2, tahapan pertama dilakukan pada layanan yang memiliki cadangan data dan tahapan kedua untuk para pemilik data yang tidak memiliki cadangan data. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.

Reporter: Aurelia Lucretie, Lailatul Anisah | Editor: Dadan M. Ramdan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memastikan serangan siber di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang berlokasi di Surabaya tidak merembet ke PDNS lainnya.  

Pemerintah saat ini memiliki dua PDNS, yaitu di Serpong dan Surabaya serta satu co-storage yang berada di Batam. "Hasil pengecekan aman (tidak merembet). Kami sudah melakukan isolasi dan Telkom sudah melakukan sesuai prosedur, sudah diputus sistemnya," jelas Kepala BSSN Hinsa Siburian dalam konferensi pers di Kantor Kemenkominfo, Rabu (26/6).

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru