Penjualan Lewat Agen Mulai Redup, Asuransi Cari Celah Lain

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak lagi menjadi ujung tombak dalam perjalanan bisnis asuransi, kepiawaian agen asuransi dalam menjaring pendapatan premi telah surut dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, perusahaan asuransi lebih banyak mengandalkan penjualan asuransi lewat jalur penjualan langsung atau direct marketing dan pialang asuransi.
Data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menunjukkan, pendapatan premi dari agen asuransi terus susut pada kuartal pertama tahun 2025 ini. Sebenarnya, tren penurunan penjualan asuransi lewat agen ini terjadi sejak tahun 2015. Hal ini karena ada perubahan perilaku konsumen yang beralih ke saluran distribusi lain.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Business Insight
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan