Berita Mata Uang

Pergerakan Rupiah Hari Ini (10/8) Bergantung Inflasi Amerika

Rabu, 10 Agustus 2022 | 04:30 WIB
Pergerakan Rupiah Hari Ini (10/8) Bergantung Inflasi Amerika

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah berpotensi bergerak mendatar pada Rabu (10/8). Ini karena pelaku pasar menanti rilis data inflasi Amerika. 

Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf mengungkapkan, pasar memperkirakan inflasi akan lebih rendah atau bahkan stagnan di 9,1%. Namun, beberapa komentar pejabat The Fed, seperti Michelle Bowman, mengatakan inflasi tidak akan turun dalam waktu dekat dan kebutuhan menaikkan bunga acuan jadi lebih tinggi. 

Baca Juga: Pasar Wait and See, Simak Prediksi Rupiah untuk Perdagangan Rabu (10/8)

Senada, Presiden Fed San Francisco Mary Daly mengatakan kenaikan suku bunga masih akan berlanjut. “Dengan begitu, ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed yang agresif masih menjadi sentimen pemberat buat rupiah," ujar Alwi.

Ekonom Indef Nailul Huda menambahkan, pasar memandang positif outlook Indonesia karena berpeluang terhindar dari resesi. Selain itu, aliran dana asing saham maupun obligasi bisa menjadi penopang positif. 

Nailul memperkirakan, rupiah menguat dan bergerak di kisaran Rp 14.800-Rp 14.860. Sementara Alwi memprediksi rupiah akan bergerak antara Rp 14.825-Rp 14.870 per dollar AS. 

Baca Juga: Rupiah Spot Menguat 0,15% ke Rp 14.853 Per Dolar AS di Akhir Perdagangan Selasa (9/8)


Baca juga