Berita Mata Uang

Pergerakan Rupiah Selama Sepekan Disokong Kenaikan Bunga

Senin, 29 Agustus 2022 | 04:25 WIB
Pergerakan Rupiah Selama Sepekan Disokong Kenaikan Bunga

Reporter: Aris Nurjani | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah cenderung menguat ditopang fundamental ekonomi yang membaik. Jumat (26/8), rupiah di pasar spot menguat 0,05% ke Rp 14.817 per dollar Amerika Serikat (AS). Dalam sepekan, rupiah  menguat 0,14%. Berdasarkan kurs Jisdor Bank Indonesia (BI), rupiah menguat 0,08% ke posisi Rp 14.858 per dollar AS, dan menguat 0,29( dalam seminggu terakhir.

Research & Education Coordinator Valbury Asia Futures Nanang Wahyudin mengatakan, rupiah gagal tertahan di di bawah level Rp 14.800 dalam perdagangan akhir pekan ini. Tetapi penguatan tipis secara harian berkat sentimen positif muncul di awal pekan ketika BI menaikkan suku bunga acuan 25 basis poin (bps) menjadi 3,75%. BI berharap cara ini bisa melawan lonjakan inflasi. 

Baca Juga: The Fed Hawkish, Simak Prediksi Pergerakan Kurs Rupiah-Dolar AS Senin (29/8)

Namun rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) menjadi pemberat rupiah. Nanang menyatakan, saat ini harga minyak brent stabil di atas US$ 100 per barel. "Pemerintah mengungkapkan anggaran subsidi energi Rp 502 triliun. Agar subsidi BBM tidak membengkak, pemerintah menyiapkan sejumlah opsi termasuk menaikkan harga BBM," imbuh dia. 

Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Putri menambahkan, pasar juga mengantisipasi keluarnya nada hawkish saat simposium ekonomi Jackson Hole berlangsung. Dalam pertemuan FOMC pada Juli 2022, The Fed menegaskan inflasi AS pada Juli 2022 sebesar 8,5% alias masih jauh di atas target The Fed yang sebesar 2%. 

Karena itu, The Fed menyatakan bahwa kenaikan bunga  masih menjadi pilihan untuk menekan inflasi AS, meskipun berisiko memperlambat laju ekonomi. Reny melihat The Fed masih akan menaikkan bunga pada tahun ini. Sehingga pasar kembali menempatkan dananya ke dollar AS. 

Baca Juga: Menguat Pekan Ini, Rupiah Berpotensi Tertekan Awal Pekan Depan

 

Terbaru