Berita Mata Uang

Potensi Pergerakan Dollar AS Masih Kuat

Rabu, 28 September 2022 | 04:20 WIB
Potensi Pergerakan Dollar AS Masih Kuat

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs rupiah masih sulit menguat tinggi. Alasannya, permintaan dollar Amerika Serikat (AS) masih tinggi. 

Analis DCFX Futures Lukman Leong menyebut, rupiah kemarin menguat karena dollar AS sudah overbought. "Pasar wait and see menantikan data inflasi dari pengeluaran konsumsi di AS pekan ini," ujar dia, kemarin. 

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyebut, sejumlah mata uang di Asia kemarin memang menguat terhadap dollar AS, seperti dollar Singapura, rupee dan rupiah. Tapi dollar AS masih dalam tren menguat. 

Baca Juga: Pelemahan Rupiah Menjadi Katalis Negatif bagi Saham Emiten Dengan Utang Dolar AS

Josua memperkirakan rupiah hari ini (28/9) berpotensi menguat terbatas. "Data AS, seperti indeks keyakinan konsumen dan pesanan barang tahan lama diperkirakan akan berdampak terbatas ke rupiah," ujar dia.

Tapi di saat yang sama, investor cenderung menjauhi instrumen rupiah, terutama obligasi. Ini karena respons terhadap kenaikan suku bunga. 

Lukman memperkirakan, rupiah hari ini bergerak antara Rp 15.050-Rp 15.175. Josua memperkirakan rupiah bergerak di Rp 15.075-Rp 15.150. 

Kemarin, kurs spot rupiah naik tipis 0,04% ke Rp 15.124. Kurs Jisdor turun 0,23% ke Rp 15.155 per dollar AS

Baca Juga: Menakar Dampak Pelemahan Rupiah Terhadap Emiten dengan Utang Valas Jumbo
 

Terbaru