Berita Market

Kurs Rupiah Hari Ini Menanti Perkembangan AS-China

Selasa, 02 Juni 2020 | 05:34 WIB
Kurs Rupiah Hari Ini Menanti Perkembangan AS-China

ILUSTRASI. Karyawan menghitung uang rupiah dan dolar AS di Bank Mandiri Syariah, Jakarta, Senin (20/4/2020). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada penutupan perdagangan Senin (20/4) sebesar 52 poin atau 0,34 persen ke level Rp15.412 per

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah berpotensi kembali menguat pada Selasa (2/6).

Akhir pekan lalu, rupiah ditutup menguat 0,71% ke Rp 14.610 per dollar Amerika Serikat (AS). Sementara di kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah menguat 0,68% ke Rp 14.710 per dollar AS.

Analis Monex Investindo Futures Faisyal menyebut, pelaku pasar akan cenderungĀ wait and seeĀ atas kelanjutan hubungan AS-China terkait Hong Kong yang ternyata respons Donald Trump tidak segalak yang diperkirakan pasar.

Baca Juga: Perseteruan Sinarmas dengan Hengky Setiawan Berakhir Antiklimaks

Trump hanya mencabut status kasus dan tidak mengubah perjanjian terkait perang dagang AS-China.

"Kedua, perkembangan demonstrasi di AS atas George Floyd akan menjadi sentimen. Di satu sisi, demo memungkinkan dollar AS melemah," ujar Faisyal.

Baca Juga: Pergerakan IHSG Hari Ini Disetir Rilis Data Ekonomi

Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyebut, mata uang serta pasar keuangan negara berkembang pada Senin (1/6) masih diperdagangkan menguat. Hal ini akan menjaga sentimen positif pada pergerakan rupiah.

Josua memproyeksikan rupiah akan berada di Rp kisaran 14.550-Rp 14.650 pada perdagangan Selasa. Sementara Faisyal menghitung rupiah akan bergerak di kisaran Rp 14.330-Rp 14.600 per dollar AS.

Terbaru