Berita Ekonomi

Mayoritas Biaya Pemindahan Ibukota Akan Terpakai untuk Bangun Investasi Dasar

Rabu, 22 Mei 2019 | 08:01 WIB
Mayoritas Biaya Pemindahan Ibukota Akan Terpakai untuk Bangun Investasi Dasar

Reporter: Abdul Basith | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Rencana pemindahan ibukota bakal membutuhkan biaya besar. Maklumlah, ibukota baru memerlukan infrastruktur dasar yang akan menelan biaya besar. Anggaran untuk infrastruktur dasar pun diperkirakan bisa mencapai lebih dari 50% anggaran yang dibutuhkan.

"Biayanya besar, tahap awal lima tahun pertama untuk pusat pemerintahan bisa lebih dari 50% dari total anggaran," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga, Selasa (21/5).

Infrastruktur dasar perlu dipersiapkan untuk pembangunan kota baru. Hal tersebut antara lain seperti air bersih, akses jalan, serta aliran listrik.

Deputi Bidang Pengembangan Regional, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Rudy S, Prawiradinata bilang, nanti ada empat zonasi dalam desain ibu kota baru, yakni zona pemerintahan tahun 2021–2024. pembangunan pemukiman Aparatur Sipil Negara (ASN) 2025-2029, pembangunan kawasan komersial tahun 2030–2045, dan selanjutnya wilayah metropolitan.

Terbaru