Berita Bisnis

Bank Digital Balapan Merilis Layanan Baru

Selasa, 28 September 2021 | 05:20 WIB
Bank Digital Balapan Merilis Layanan Baru

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan digital terus memacu inovasi dalam layanan untuk memacu bisnis. PT Bank BRI Agroniaga Tbk (AGRO), misalnya, merilis layanan simpanan digital setelah mendapat persetujuan Otoritas Jasa keuangan (OJK) untuk memberikan pembukaan rekening secara digital.

Direktur BRI Agro Kaspar Situmorang memastikan tidak akan menjanjikan bunga tinggi untuk produk simpanan. Ini becermin dari bank digital yang ada di China yang mengandalkan akuisisi nasabah baru secara murah. 
 
"Kami menganut prinsip dengan masuk ke ekosistem BRI Group seperti agen laku pandai, BRILink sebanyak 500.000 orang, unit kerja BRI, dan komunitas untuk membentuk saving and lending digital," jelas Kaspar secara virtual pada Senin (27/9). 
 
Bank ini akan menghapus kredit segmen menengah, lalu menggarap pinjaman digital dengan plafon maksimal Rp 1 miliar dan jangka waktu maksimal 12 bulan. 
 
Direktur Keuangan dan Operasional AGRO Arif Wicaksono mengakui langkah ini akan membawa dampak secara sementara pada buku bank. "Dalam refocusing dari kredit menengah ke bisnis digital, maka pada Juli 2021, perseroan akan alami kerugian sebagai dampak peningkatan kredit konvensional dan peningkatan pencadangannya," kata Arif.
 
Bank ini juga akan tetap melakukan pencadangan terkait risiko kredit itu. Sehingga, pada 2022, bank sudah siap fokus ke digital lending. 
BCA Digital juga akan terus menjaring nasabah baru sepanjang 2021 ini. Karena itu, anak usaha PT Bank Central Asia Tbk ini akan akan fokus pada funding product and payment services terlebih dulu yang akan memfasilitasi berbagai transaksi perbankan melalui aplikasi blu.  
 
Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital bilang, hingga pertengahan September 2021 lebih dari 15.000 rekening baru dibuka melalui layanan Blibli x blu. "Kami juga sudah mencatatkan nilai transaksi sebesar  Rp 40 miliar lewat rekening yang dibuka dari layanan Blibli x blu  sejak Juli lalu.
 
Sementara PT Bank Jago Tbk (ARTO) merilis unit usaha syariah untuk melayani segmen mass market berdasarkan prinsip syariah. Direktur Utama Bank Jago Kharim Siregar menuturkan, digitalisasi akan tingkatkan kualitas pelayanan sekaligus memperluas pangsa pasar.     n


Baca juga