KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Belum usai persoalan pelemahan daya beli, Indonesia kini menghadapi problem krusial: perubahan pola konsumsi yang ditandai dengan munculnya fenomena baru, yakni lipstick effect dan doom spending.
Ini adalah perilaku belanja yang lebih mengedepankan gengsi dan trendi. Jika tidak diantisipasi dengan tepat, ini bisa menjadi bom waktu bagi ekonomi.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Berlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.