Berita Ekonomi

Ekonomi Sulit Tergencet Corona, Lelang Aset Bank Tidak Maksimal

Rabu, 12 Agustus 2020 | 06:37 WIB
Ekonomi Sulit Tergencet Corona, Lelang Aset Bank Tidak Maksimal

ILUSTRASI. Pandemi membuat pemulihan kredit hapus buku Bank Jatim menurun karena Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKLN) Surabaya tutup sementara. Selain itu, daya beli masyarakat juga menurun sehingga orang menunda rencana terhadap pembelian aset./pho K

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anastasia Lilin Yuliantina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemulihan kredit perbankan yang hapus buku (write off) turun selama semester pertama tahun ini. Pandemi Virus Corona (Covid-19) mengakibatkan eksekusi dan lelang jaminan kredit tidak bisa maksimal.

Meski belum mengungkapkan besaran, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) mengakui, total pemulihan dari kredit hapus buku BNI per Juni 2020 menurun dibandingkan dengan semester I tahun 2019. "Faktor utama penyebab penurunan ini karena sulitnya melakukan eksekusi dan lelang jaminan di tengah makro ekonomi yang sedang sulit karena pandemi," ujar Sigit Prastowo, Direktur Keuangan PT Bank Negara Indonesia Tbk, Selasa (11/8).

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Bayar per artikel

Hanya Rp 5.000 untuk membaca artikel ini

Rp 5.000

Berlangganan dengan Google

Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran karena Google akan mengingat metode yang sudah pernah digunakan.

Terbaru