Berita Refleksi

Flexing dan Konsumsi Kemewahan

Oleh Nofie Iman - Dosen Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada
Rabu, 05 April 2023 | 07:30 WIB
Flexing dan Konsumsi Kemewahan

Sumber: Harian KONTAN | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.Jagat maya kita beberapa waktu terakhir diramaikan dengan gugatan warganet atas unggahan barang-barang mewah dan aksi pamer (flexing) yang dilakukan oleh sejumlah oknum tokoh publik atau anggota keluarga mereka. Di atas permukaan, barang-barang mewah menarik perhatian, di bawah permukaan, banyak hal yang bisa kita gali lebih dalam.

Han, Nunes, dan Dreze (2010) mengelompokkan pasar barang mewah dalam 4P: patricians, parvenus, poseurs, dan proletarians. Patricians adalah konsumen yang memiliki kekayaan tinggi, tetapi berkeinginan rendah terhadap status. Mereka tak tertarik memamerkan kekayaan mereka atau membeli merek mahal kendati mampu. 

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Bayar per artikel

Hanya Rp 5.000 untuk membaca artikel ini

Rp 5.000

Berlangganan dengan Google

Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran karena Google akan mengingat metode yang sudah pernah digunakan.

Terbaru