Berita Market

Halving Day Makin Dekat, Harga Bitcoin Makin Melaju

Kamis, 27 Juni 2019 | 07:07 WIB

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pamor bitcoin mengilap lagi. Buktinya, mata uang paling populer di industri uang kripto ini kembali mencetak rekor harga tertinggi selama 17 bulan terakhir. Harga bitcoin kembali ke atas US$ 12.000 per BTC.

Kemarin, harga bitcoin telah berada di level US$ 12.878,30 BTC. Artinya sejak Jumat (21/6), harganya sudah melonjak 29,56%. Bahkan secara year to date (ytd), kini harga bitcoin sudah melonjak 250,51%.

Hal tersebut terjadi karena banyak investor kembali tergiur untuk masuk ke pasar uang kripto. Padahal, di tahun lalu, harga bitcoin ambruk 74%, mengikuti penurunan yang terjadi di tahun 2017.

Salah satu penyebab harga bitcoin terus melambung adalah semakin dekatnya waktu pemangkasan produksi kripto atau halving day. CEO Bitocto Miken Jonathan mengatakan, euforia menjelang halving day juga dirasakan di Indonesia. Volume transaksi di dalam negeri naik 80%.

Bitocto sendiri mencatat kenaikan jumlah investasi selama enam bulan terakhir sebesar 20%. Tak kalah penting, jumlah investor juga meningkat sebesar 30%.

Reporter: Yusuf Imam Santoso
Editor: Herry Prasetyo


Baca juga