Berita Mata Uang

Hasil Rapat BI Menentukan Pergerakan Rupiah Hari Ini (20/10)

Kamis, 20 Oktober 2022 | 04:40 WIB
Hasil Rapat BI Menentukan Pergerakan Rupiah Hari Ini (20/10)

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaksanaan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) akan mempengaruhi pergerakan mata uang Garuda hari ini. Para analis menilai pelaku pasar akan cenderung wait and see hari ini. 

Pelaku pasar masih cukup yakin BI akan menaikkan suku bunga setidaknya 25 basis poin (bps) hari ini. Meski kenaikan suku bunga akan memperlebar spread antara BI 7-day-RR dengan Fed fund rate, analis menilai dampak hasil RDG BI ke nilai tukar rupiah tidak signifikan.

Baca Juga: Rupiah Nyaris Tembus Rp 15.500 Saat Pasar Wait and See Menanti Suku Bunga BI

Toh, hasil rapat petinggi bank sentral dalam negeri ini akan menjadi panduan bagi pelaku pasar soal arah kebijakan moneter Indonesia ke depan. "Pasar akan mencermati panduan dari BI, tapi mungkin tidak terlalu berpengaruh terhadap rupiah," kata Sutopo Widodo, Presiden Komisioner HFX International Berjangka.

Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Putri menambahkan, The Fed juga masih hawkish. "Capital outflow masih bisa berlanjut di pasar domestik," kata dia.

Sutopo menganalisa hari ini rupiah akan bergerak antara Rp 15.480-Rp 15.550. Prediksi Reny, rupiah bergerak di kisaran Rp 15.425-Rp 15.512 per dollar AS.

Baca Juga: BI Menggelar RDG hari ini, Indikator Moneter Rupiah, CDS dan Yield SBN Memerah

Terbaru