Berita Global

Hasil Revisi Konsumsi Lebih Tinggi, PDB Jepang untuk Kuartal I Turun Lebih Rendah

Rabu, 08 Juni 2022 | 09:48 WIB
Hasil Revisi Konsumsi Lebih Tinggi, PDB Jepang untuk Kuartal I Turun Lebih Rendah

ILUSTRASI. Suasana pusat belanja Ginza pada masa pandemi di Tokyo, Jepang, 30 November 2021. REUTERS/Androniki Christodoulou

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Kontraksi ekonomi Jepang pada kuartal pertama tahun ini direvisi menjadi lebih kecil daripada angka yang pertama dilaporkan. Konsumsi rumah tangga tetap kuat meski ada ancaman kenaikan infeksi Covid-19. Di sektor korporasi, upaya membangun kembali persediaan mengimbangi penurunan belanja modal.

Kontraksi yang lebih lambat merupakan berita baik bagi para pembuat kebijakan di Jepang. Mereka berharap ekonomi Jepang kembali ke jalur pertumbuhan selama April-Juni. Kendati, harapan itu masih dibayang-bayangi gangguan rantai pasokan.

Data produk domestik bruto (PDB) yang direvisi yang dirilis Kantor Kabinet pada Rabu menunjukkan ekonomi Jepang menyusut secara tahunan 0,5% selama Januari-Maret. Angka itu lebih kecil dibandingkan figur awal yang dirilis bulan lalu, 1,0%.

Baca Juga: Peringatan Batal Beli Twitter, Dianggap Sebagai Cara Musk Untuk Cari Diskon Harga

Dalam basis kuartal-ke-kuartal, PDB Jepang merosot 0,1%, mengalahkan ekspektasi pasar median untuk penurunan 0,3%.

Konsumsi swasta, yang membentuk lebih dari setengah PDB Jepang, meningkat 0,1% pada kuartal pertama dari tiga bulan sebelumnya, direvisi naik dari angka datar berkat kontribusi yang lebih kuat dari biaya telepon seluler dan penjualan mobil.

Peningkatan persediaan juga mendukung pertumbuhan, sebagai tanda bahwa pembuat mobil dan produsen lain sedang mencari cara untuk mengatasi tekanan rantai pasokan, kata Takumi Tsunoda, ekonom senior di Shinkin Central Bank Research Institute.

Itu membantu mengimbangi penurunan 0,7% dalam belanja modal, tetapi dapat mengindikasikan pertumbuhan PDB yang lebih rendah pada kuartal saat ini karena pertumbuhan inventaris mendingin.

"Pertumbuhan kemungkinan akan datang secara positif, tetapi itu tidak akan mengarah pada pemulihan yang luas," kata Tsunoda, memperingatkan dampak negatif pada kuartal kedua dari penguncian ketat virus corona di China.

"Ekonomi Jepang sangat bergantung pada rantai pasokan Asia, sehingga penguncian China akan memiliki dampak yang relatif besar."

Permintaan domestik secara keseluruhan menyumbang 0,3 poin persentase ke angka PDB yang direvisi, sementara ekspor bersih turun 0,4 poin persentase.

Surplus transaksi berjalan Jepang menyusut tajam pada April karena rekor impor melebihi ekspor, data terpisah menunjukkan pada Rabu, memicu beberapa kekhawatiran tentang daya beli jangka panjang negara itu di tengah melemahnya yen.

Baca Juga: Telecom Italia (TIM) Akan Pangkas 1.200 Karyawan Lewat Skema Pensiun Dini Sukarela

Peningkatan PDB mengikuti data pada hari Selasa yang menunjukkan pengeluaran rumah tangga mencatat penurunan yang lebih besar dari perkiraan pada bulan April, karena penurunan tajam yen dan lonjakan harga komoditas mendorong biaya ritel.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters bulan lalu memperkirakan pertumbuhan tahunan yang kuat sebesar 4,5% kuartal ini. Mayoritas responden mengatakan mereka memperkirakan pertumbuhan akan cukup kuat bagi perekonomian untuk pulih ke tingkat sebelum pandemi, meskipun risiko meningkat.

Stefan Angrick, Ekonom Senior di Moody's Analytics, mengatakan ekonomi Jepang belum keluar dari masalah.

"Gangguan eksternal yang berasal dari invasi Rusia ke Ukraina dan penguncian COVID-19 di China adalah hambatan yang signifikan," ujar Angrick dalam catatannya. "Hambatan pasokan membebani ekspor, produksi dan semakin menekan pengeluaran investasi."

Terbaru