Berita

Hati-Hati, Copet Digital Bisa Mengintai Transaksi QR Code

Senin, 19 Agustus 2019 | 09:04 WIB

ILUSTRASI. QR Code Indonesia Standard (QRIS)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tepat pada saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74, Bank Indonesia (BI) meluncurkan standar quick response (QR) code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS).

Implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku 1 Januari 2020, guna memberikan masa transisi bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

QRIS disusun oleh BI dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), dengan standar internasional EMV Co.1, untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran lebih luas. Sehingga memudahkan interoperabilitas antarpenyelenggara, antar instrumen, termasuk antar negara.

Baca Juga: Lupa bawa kartu ATM, tetap bisa tarik dan setor pakai m-BCA

Sebagaimana electronic data capture, tentu ada biaya yang harus ditanggung merchant alias merchant discount rate (MDR). Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, peluncuran QRIS ini untuk memperlancar transaksi non tunai, mendorong inklusi keuangan, memajukan UMKM. Dan akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Dengan QRIS semua pedagang bisa bertransaksi dengan menggunakan QR. Bukan hanya pedagang besar juga pedagang kecil seperti penjual bakso, penjual sayur dan lain-lain." kata Perry.

Tahap awal, QRIS fokus pada penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Mode (MPM). Penjual (merchant) yang akan menampilkan QR Code pembayaran untuk dipindai oleh pembeli (customer) ketika melakukan transaksi pembayaran.

Sejatinya, uang elektronik berbasis server lebih aman. Berbeda dengan uang elektronik berbasis kartu, duit akan lenyap jika kartu hilang. Sementara pengguna uang elektronik berbasis server masih bisa menyelamatkan uang mereka jika smartphone hilang atau kecopetan. Tinggal download ulang.

Baca Juga: BCA targetkan kerjasama dengan Alipay dan WeChat mulai awal 2020 

Selanjutnya
Halaman   1 2
Reporter: Agustinus Respati, Ahmad Febrian
Editor: Narita Indrastiti

IHSG
6.231,47
0.21%
-13,00
LQ45
980,77
0.21%
-2,03
USD/IDR
14.085
-0,10
EMAS
756.000
0,53%

Baca juga