Berita Saham

HKMU Mencari Calon Pengendali Baru

Kamis, 14 Juli 2022 | 07:00 WIB
HKMU Mencari Calon Pengendali Baru

Reporter: Yuliana Hema | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT HK Metals Utama Tbk (HKMU) tidak mempunyai pemegang saham pengendali. Artinya, 100% saham perseroan digenggam oleh publik atau pemegang saham di bawah 5%.

Per 31 Januari 2022, nama Hyamns Sukses Abadi (HSA) yang sebelumnya jadi pengendali, tercatat sudah tidak lagi memiliki saham HKMU sama sekali. Merujuk laporan bulanan registrasi efek per 30 Juni 2022, 99,9% saham HKMU, atau setara 3,21 miliar saham, dikuasai publik.

Sisanya dikuasai oleh pemegang saham terbanyak, atas nama Rudi Ramdhani, yang memiliki 3,2 juta saham HKMU, setara 0,1%. Harga saham emiten ini masih tertahan di level Rp 50.

Direktur HK Metals Utama Jodi Pujiyono menyampaikan pihaknya telah mencoba berbagai upaya komunikasi dengan HSA, termasuk mengirimkan surat permohonan ke HSA Februari lalu.

Dalam surat tadi, HKMU meminta HSA kembali menjadi pengendali di perseroan. "Kami kesulitan komunikasi dengan pengendali sebelumnya. Ini mengindikasikan HSA tidak ingin kembali jadi pengendali," kata Jodi kepada Kontan belum lama ini.

Saat ini HKMU mengaku punya beberapa pihak yang tertarik jadi pengendali, mulai dari pemain di industri aluminium hingga private equity. "Tapi saat ini memang belum sampai tahap komitmen, masih due diligence," ucap Jodi.

Di akhir 2021, HKMU masih mencetak penjualan Rp 389,70 miliar, turun 30% dari tahun sebelumnya. Rugi tahun berjalan Rp 233,18 miliar, naik 1,07% dari sebelumnya.

Pengamat Pasar Modal sekaligus Direktur Avere Investama Teguh Hidayat menganalogikan, perusahaan tanpa pengendali seperti mobil tanpa pengemudi. Meski usaha terus berjalan, kinerjanya mungkin akan rugi terus dan harga saham anjlok.

Teguh menyarankan investor mempelajari perusahaan sebelum berinvestasi. Sebelum pengendali keluar, biasanya jauh sebelumnya perusahaan membukukan rugi atau tersandung masalah.

 

Terbaru