Berita Market

IHSG Merespons Ekspektasi Pemulihan Ekonomi

Senin, 11 Oktober 2021 | 05:45 WIB
IHSG Merespons Ekspektasi Pemulihan Ekonomi

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah menguat 4,06% sepekan lalu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih memiliki potensi untuk kembali naik pada perdagangan Senin (11/10). Sekadar mengingatkan, Jumat (8/10), IHSG ditutup menguat 1,02% ke level 6.481,77.

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani mengatakan, IHSG berpotensi menguji resistance di level 6.500-6.558 pada perdagangan Senin ini. Namun, investor juga perlu mewaspadai potensi profit taking yang dapat menyebabkan koreksi wajar pada IHSG.

"Senin masih minim sentimen, pergerakan IHSG lebih dipengaruhi penguatan harga komoditas dan foreign inflow seiring perbaikan ekonomi Indonesia di kuartal IV," ujar Hendriko, Minggu (10/10).Mengutip data RTI, investor asing telah membukukan beli bersih senilai Rp 10,67 triliun sepanjang pekan lalu.

Hendriko menyarankan investor buy and hold saham-saham big caps. Saham perbankan juga memiliki potensi menarik di kuartal IV dengan potensi pertumbuhan kredit yang membaik.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Setya Ardiastama menambahkan, beberapa sentimen dari dalam negeri juga masih akan mewarnai pergerakan IHSG hari ini. Misalnya saja, upaya pemerintah kembali melaksanakan pengampunan pajak atau tax amnesty jilid II. Kebijakan tersebit dinilai akan menimbulkan dampak pada pasar saham maupun obligasi nantinya.

Kinerja keuangan emiten pada semester I-2021 yang mencatatkan perbaikan juga memunculkan harapan dari pelaku pasar bahwa pemulihan ekonomi di dalam negeri benar-benar mulai terjadi. "Rilis data indeks keyakinan konsumen yang dapat dikatakan cukup baik juga memberi dampak pada kepercayaan diri pelaku pasar," kata Okie, Jumat (8/10).

Okie memprediksi, IHSG akan bergerak terbatas pada kisaran 6.395-6.507. Saham-saham dari sektor industri dasar dapat dicermati pelaku pasar pada pekan ini.

 

Terbaru