Hanya Rp 10.000 selama 30 hari untuk berita pilihan, independen, dan inspiratif
Berita Infografik

Ini Sektor yang Gagal Mencatatkan Pertumbuhan Ekspor Bulanan pada Oktober

Selasa, 01 Desember 2020 | 14:49 WIB
Ini Sektor yang Gagal Mencatatkan Pertumbuhan Ekspor Bulanan pada Oktober

ILUSTRASI. Infografik: Nilai ekspor untuk bulan Oktober 2020

Reporter: Thomas Hadiwinata | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren pertumbuhan ekspor dalam basis bulanan berlanjut ke bulan Oktober. Dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor di bulan Oktober 2020 mencapai US$ 14,39 miliar. Angka itu lebih tinggi 3,09% month-to-month (mtm) dibandingkan dengan total nilai ekspor di September.

Ekspor kembali memperlihatkan tren peningkatan secara bulanan mulai September. Kala itu, nilai ekspor tercatat US$ 13,96 miliar, atau setara dengan kenaikan sebesar 6,81% mtm.

Baca Juga: Di tengah pandemi, kredit ekspor masih naik dua digit

BPS merinci nilai ekspor bulanan itu ke dalam empat sektor, yaitu minyak dan gas (migas), pertanian, industri pengolahan serta pertambangan dan lainnya. Di antara keempat sektor itu, industri pengolahan menyumbang sekitar 82% dari total ekspor. Sedangkan sektor pertanian memberi kontribusi terkecil, hanya 2,9% dari total ekspor.

Sementara sektor migas tercatat sebagai satu-satunya sektor yang gagal mengalami pertumbuhan dalam basis bulanan. Nilai ekspor migas di bulan Oktober yang sebesar US$ 0,63 miliar, mencerminkan penurunan sebesar 5,94% mtm. Sedangkan jika dibandingkan dengan Oktober 2019, nilai ekspor migas di Oktober 2020 merosot 26,89%.

Selanjutnya: Harga batubara menanjak, ini sejumlah saham yang layak dicermati di pekan ini

 


Baca juga