Berita Refleksi

Jangan Lepas Masker

Oleh Sandy Baskoro - Redaktur Pelaksana
Jumat, 08 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Jangan Lepas Masker

Reporter: Harian Kontan | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus Covid-19 di Indonesia menurun dan pengusaha bisa kembali menggerakkan roda bisnisnya. Maklumlah, pada 2020 hingga pertengahan 2021, dunia usaha di Tanah Air terhuyung-huyung dihantam pagebluk Covid-19.

Hingga kemarin (7/10), kasus harian Covid-19 di Indonesia bertambah 1.393 orang. Angka ini jauh menurun ketimbang posisi Juli lalu, yang sempat menembus 50.000 kasus baru dalam sehari.

Keyakinan para pengusaha Indonesia juga menguat, setelah program vaksinasi Covid-19 kian masif. Kesimpulan ini tergambar dalam hasil survei Indeks Keyakinan CEO Indonesia atau Indonesia CEO Confidence Index (ICCI) kuartal IV-2021.

Optimisme para chief executive officer (CEO) menanjak ke jalur optimisme dengan skor 3,83. Ini adalah rekor tertinggi sepanjang sejarah, atau sejak ICCI dirilis April 2017 (sebelumnya bernama KONTAN CEO Confidence Index atau KCCI).

ICCI adalah hasil survei terhadap 40 direktur utama maupun CEO perusahaan terkemuka Indonesia dan mewakili sejumlah bidang usaha.

Keyakinan para pengusaha sejalan dengan kebijakan pemerintah yang kembali melonggarkan pembatasan sosial (PPKM). Misalnya, mulai 14 Oktober nanti pemerintah membuka pintu masuk Bali kepada warga dari lima negara, yakni Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Uni Emirat Arab dan Selandia Baru.

Sebelum itu, pemerintah melonggarkan pusat belanja dan membuka bioskop. Aktivitas bisnis ritel kembali berdenyut dan berpeluang menggerakkan roda perekonomian serta daya beli masyarakat.

Di saat yang sama, kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah mulai bergulir secara terbatas.

Meski aktivitas ekonomi, sosial dan pendidikan kembali dibuka, masyarakat Indonesia tetap harus waspada tingkat tinggi terhadap penyebaran Covid-19. Justru dengan masifnya mobilitas masyarakat, ancaman gelombang ketiga wabah Covid-19 bisa menjadi kenyataan.

Lihat saja negara tetangga, Singapura, saat ini berjuang mengatasi lonjakan kasus Covid-19 yang terus menyundul rekor baru, yakni di atas 3.000 kasus per hari.

Maka itu, mutlak bagi setiap kita, masyarakat Indonesia, untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M. Jangan lepas masker saat beraktivitas dan berinteraksi dengan orang lain.

Pemerintah harus sigap, tutup rapat-rapat dulu pintu kedatangan warga dari negara yang masih rentan kasus Covid-19. Tentu kita tidak ingin gelombang ketiga wabah Covid-19 menghantam Indonesia.     


Baca juga