Berita Market

JSMR Bakal Divestasi Satu Ruas Tol di Semester Satu Tahun Ini

Jumat, 25 Februari 2022 | 04:30 WIB
JSMR Bakal Divestasi Satu Ruas Tol di Semester Satu Tahun Ini

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - MANADO. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) melanjutkan program aset recycling untuk menjaga keberlanjutan bisnis. JSMR bersiap menggelar pelepasan saham pada salah satu ruas tol di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek).

Direktur Pengembangan Usaha JSMR M. Agus Setiawan mengungkapkan, divestasi satu ruas jalan tol di Jabotabek tersebut rencananya berlangsung pada semester pertama tahun ini. Langkah ini dilakukan untuk memperkuat dan menyeimbangkan kinerja Jasa Marga, sembari menyelesaikan ruas-ruas tol baru.

JSMR terus mengupayakan kinerja keuangan tetap stabil. "Dengan melakukan beberapa program seperti asset recycling, pelepasan saham pada jalan tol yang sudah kami evaluasi, diharapkan bisa menjadi modal bagi Jasa Marga terus merealisasikan ruas jalan tol baru," ujar Agus, Rabu (23/2). 

Baca Juga: Tarif Tol Dalam Kota Bakal Naik Mulai 26 Februari 2022, Ini Rincian Terbarunya

Dia belum membeberkan ruas tol mana yang akan didivestasi, berapa dana yang akan didapat, serta pihak mana saja yang terlibat. Yang pasti, Jasa Marga tetap akan menjadi pemegang saham mayoritas pada ruas tol yang didivestasikan tersebut. 

Program asset recycling ini terbukti berhasil menjaga kinerja Jasa Marga. Di periode sembilan bulan 2021, laba bersih JSMR mencapai Rp 749,42 miliar, naik 375,52% . Ini didorong keuntungan pelepasan investasi Rp 788,74 miliar.

Jasa Marga juga melakukan efisiensi dengan menekan beban umum dan administrasi sebesar 11,7% year on year (yoy) menjadi Rp 801,14 miliar serta mengurangi beban pajak atas penghasilan keuangan hingga 28,84% yoy menjadi Rp 19,12 miliar.

Pendapatan JSMR naik 0,80% menjadi Rp 10,63 triliun. Pada akhir tahun lalu Jasa Marga sudah divestasi atas kepemilikan 9% sahamnya di PT JPM, anak usaha JSMR yang mengelola Jalan Tol Pandaan-Malang. 
Sebelumnya, Jasa Marga melepas 14% saham PT Marga Lingkar Jakarta yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) JORR I Ruas Ulujami-Kebon Jeruk.

Kini Jasa Marga memiliki 13 konsesi ruas jalan tol yang dioperasikan cabang (ruas tol lama) dan 22 konsesi ruas jalan tol yang dioperasikan melalui anak perusahaan jalan tol. Jasa Marga memiliki konsesi 1.809 km dan panjang jalan tol operasi hingga 1.246 km. Perusahaan ini juga masih terus menambah realisasi jalan tol baru. Ada tiga proyek yang sedang digarap di area Jabotabek, tiga proyek di Jawa dan satu proyek tol di luar Pulau Jawa.

Baca Juga: Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung Tuntas, Jalan Tol Manado-Bitung Siap Beroperasi Penuh

Terbaru