Berita *Global

Kendati Harga Melemah, Uang Kripto Mencatat Arus Kas Masuk di Pekan Lalu

Selasa, 14 Desember 2021 | 08:46 WIB
Kendati Harga Melemah, Uang Kripto Mencatat Arus Kas Masuk di Pekan Lalu

ILUSTRASI. Ilustrasi bitcoin 19 Oktober 2021. REUTERS/Edgar Su

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Uang kripto dalam berbagai bentuk menjaring arus kas masuk bersih sebesar US$ 88 juta sepanjang minggu lalu. Data dari manajer aset digital CoinShares pada hari Senin (13/12) itu merekam situasi di saat uang kripto terlanda penurunan harga.

Arus masuk ke uang kripto, termasuk yang dikemas dalam produk investasi, selama tahun ini mencapai US$ 9,5 miliar. Sepanjang tahun 2020, total arus masuk crypto adalah $6,7 miliar.

Bitcoin sedikit pulih minggu lalu, dan membukukan kenaikan tipis 1,3% di periode tersebut. Pada minggu sebelumnya, aksi jual tajam menggoyang bitcoin hingga harganya turun 14%.

Mengutip data CoinShares, arus masuk dana ke bitcoin sebesar $51 juta di periode tersebut. Bitcoin pun mampu mencetak arus masuk untuk minggu ke-13 berturut-turut, dengan total arus masuk bersih di tahun ini menjadi US$ 6,5 miliar.

 Baca Juga: Harga Bitcoin turun hingga ke level US$ 46.000-an, bagaimana prediksi ke depan?

Bitcoin terakhir turun 6,1% pada $47.043. Sejak mencapai level tertinggi sepanjang masa US$ 69.000 pada 10 November, cryptocurrency terbesar di dunia telah jatuh 32%.

"Tren tetap bearish dalam waktu dekat dan momentum belum menunjukkan bukti yang tepat dari stabilisasi dengan cara yang seharusnya memungkinkan pemantulan untuk terungkap dulu," kata Fundstrat dalam sebuah catatan penelitian. 

"Sebagian besar teknik kelelahan tren masih menunjukkan kemungkinan penurunan 4-6 hari lagi sebelum perdagangan terendah dapat terjadi," tambahnya.

Ethereum melihat arus keluar kecil dengan total US$ 17 juta minggu lalu, pertama kali setelah enam minggu arus masuk, meskipun itu hanya mencerminkan 0,09% dari aset yang dikelola. CoinShares percaya ini kemungkinan tidak berarti.

 Baca Juga: Harga Bitcoin terjungkal 28% dalam sebulan terakhir, bagaimana hari ini?

Aset digital lainnya seperti Solana dan Tron, sementara itu, menunjukkan arus masuk masing-masing US$ 19 juta dan US$ 17 juta.

CoinShares mencatat bahwa apresiasi harga baru-baru ini dari Tron, sistem operasi berbasis blockchain open-source yang terdesentralisasi, dan dijuluki koin "komputer dunia", telah mendorong total nilai aset dalam kelolaan untuk produk dan dana yang terkait dengan token menjadi US$ 92 juta.

Data juga menunjukkan bahwa volume perdagangan di seluruh produk investasi turun 13% menjadi US$ 3 miliar untuk minggu ini.

Terbaru