Berita Market

Kepesatan Saham IPPE Melampaui Kenaikan Harga Komoditas Minyak Kelapa

Kamis, 17 Februari 2022 | 07:00 WIB
Kepesatan Saham IPPE Melampaui Kenaikan Harga Komoditas Minyak Kelapa

Reporter: Kenia Intan | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham perusahaan yang bergerak di industri minyak kelapa dan produk dari kelapa, PT Indo Pureco Pratama Tbk (IPPE) menjadi perhatian belakangan ini. Bagaimana tidak, saham IPPE jadi saham bagger dalam sebulan terakhir.

Harga saham IPPE ditutup di Rp 396 per saham pada Selasa (15/2). Kenaikannya dalam sehari kemarin mencapai 22,22%.

IPPE juga menjadi jawara top gainer dalam sepekan terakhir. Kenaikannya mencapai 73,68%. Dengan kenaikan ini, dalam satu bulan terakhir, saham IPPE naik 142,94%.

Jika investor memegang saham IPPE sejak menggelar initial public offering (IPO) pada 9 Desember 2021 lalu, maka keuntungannya lebih besar lagi. Saat listing perdana, IPPE menawarkan harga Rp 100 per saham. Dengan begitu, return saham produsen minyak nabati dari kelapa ini mencapai 296%.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mencermati, kenaikan harga yang signifikan itu terdorong oleh pergerakan teknikalnya. "Adanya pembentukan support di level Rp 228 dan sejak itu uptrend sampai sekarang," jelasnya, Selasa (15/2).

Kendati sudah melambung cukup tinggi, penguatan harga IPPE diprediksi berlanjut. Ada peluang harga bisa terus menguat ke kisaran Rp 400-Rp 500 per saham. "Buy on weakness jika terjadi koreksi ke area Rp 372-Rp 380 untuk yang berminat masuk ke saham ini," kata William.

Kenaikan saham IPPE jauh lebih pesat ketimbang harga komoditas minyak kelapa dunia. Harga minyak kelapa Filipina/Indonesia di CIF Rotterdam menyentuh US$ 2.396 per metrik ton kemarin. Angka ini tumbuh 12,81% dari akhir tahun lalu di US$ 2.124,50 per metrik ton.

Harga komoditas minyak kelapa ini merupakan rekor, setidaknya sejak kontrak CIF Rotterdam diberlangsungkan pada 2006 lalu. Kenaikan harga minyak kelapa ini berlanjut dari tahun 2021 yang sudah menguat 42,73%.

IPPE memproduksi virgin coconut oil (VCO), pure coconut oil (PCO), crude coconut oil (CCO), dan copra meal (CM). IPPE memiliki satu entitas anak, yaitu PT Agrindo Lestari Jaya, yang berlokasi di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Saat listing Desember lalu, IPPE mengantongi dana segar Rp 100 miliar. Dana ini akan digunakan untuk pembelian mesin pabrik dan pengemasan, perluasan dan pembangunan pabrik baru, serta  pembelian tangki stok.

 

 

 

Terbaru