Berita *Global

Lusinan Kota Lakukan Lockdown, Ekonomi China Lumpuh Sepanjang April

Senin, 16 Mei 2022 | 10:01 WIB
Lusinan Kota Lakukan Lockdown, Ekonomi China Lumpuh Sepanjang April

ILUSTRASI. Jalan yang kosong saat lockdown Covid-19 di Shanghai, China, 16 April 2022. REUTERS/Aly Song

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Mesin ekonomi China mendingin sepanjang April. Kegiatan penguncian Covid-19 yang luas berdampak besar terhadap konsumsi, produksi industri, dan lapangan kerja, menambah kekhawatiran ekonomi dapat menyusut pada kuartal kedua.

China memberlakukan lockdown di lusinan kota secara penuh atau sebagian selama Maret hingga April. Pusat komersial Shanghai termasuk kawasan yang mengalami penutupan yang berkepanjangan. Akibat lockdown, pekerja dan pembeli terkurung di rumah hingga rantai pasokan terganggu.

Penjualan ritel pada April menyusut 11,1% dibanding tahun sebelumnya, kontraksi terbesar sejak Maret 2020, data dari Biro Statistik Nasional menunjukkan pada hari Senin. Angka tersebut memburuk dari penurunan 3,5% di bulan Maret dan meleset dari perkiraan untuk penurunan 6,1%.

Baca Juga: Kematian Akibat Covid-19 Terus Bertambah, Kim Jong Un Tegur Pejabat hingga Apoteker

Layanan makan di luar dihentikan di beberapa provinsi dan penjualan mobil China pada April turun 47,6% dari tahun sebelumnya karena pembuat mobil memangkas produksi di tengah ruang pamer yang kosong dan kekurangan suku cadang.

Ketika langkah-langkah anti-virus mengganggu rantai pasokan dan melumpuhkan distribusi, produksi industri turun 2,9% dari tahun sebelumnya, terutama lebih buruk dari kenaikan 5,0% pada bulan Maret dan di bawah ekspektasi untuk pertumbuhan 0,4%. Angka tersebut merupakan penurunan terbesar sejak Februari 2020.

Kejutan juga membebani pasar kerja, yang diprioritaskan oleh para pemimpin China untuk stabilitas ekonomi dan sosial. Tingkat pengangguran berbasis survei nasional naik menjadi 6,1% pada April dari 5,8%, tertinggi sejak Februari 2020 ketika berada di 6,2%.

Baca Juga: Pasca Kunjungan Kerja di AS, Presiden Jokowi Tiba di Indonesia

Pemerintah bertujuan untuk menjaga tingkat pengangguran di bawah 5,5% pada tahun 2022.

China ingin menciptakan sekitar 11 juta pekerjaan hingga 13 juta pekerjaan di kawasan perkotaan tahun ini, Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan pada bulan Maret. Namun dia baru-baru ini mengakui situasi pekerjaan negara itu "rumit dan suram" setelah wabah Covid-19 terburuk sejak 2020.

Investasi aset tetap, pendorong utama yang diandalkan Beijing untuk menopang perekonomian karena ekspor kehilangan momentum, meningkat 6,8% tahun-ke-tahun dalam empat bulan pertama, dibandingkan dengan perkiraan kenaikan 7,0%.

Terbaru