Berita

MCAS Jual 10% Saham DIVA kepada Kejora Ventures

Kamis, 15 Agustus 2019 | 08:37 WIB

ILUSTRASI. PT M Cash Integrasi Tbk MCI MCAS

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) menandatangani Perjanjian Jual Beli dengan Kejora Ventures. MCAS menjual sekitar 10% saham miliknya di PT Distribusi Voucher Nusantara Tbk (DIVA).

Direktur MCAS Suryandy Jahja bilang, MCAS menjual sebagian sahamnya di DIVA untuk mendanai investasi. Namun, pihak manajemen belum bisa memberikan informasi jumlah suntikan dana yang diperoleh MCAS.

Selain itu, divestasi juga dilakukan untuk mengembangkan bisnis DIVA, dengan menggandeng Kejora Ventures. "MCAS dapat merealisasikan investasi yang dilakukan dengan profit yang cukup signifikan," jelas Suryandy, Rabu (14/8).

Baca Juga: Harga minyak terus turun karena kekhawatiran resesi dan pasokan yang meningkat

Sebelum transaksi terjadi, struktur kepemilikan saham DIVA adalah sebagai berikut. Pemegang saham terbesar masih dimiliki oleh publik sebanyak 24,6%, lalu PT 1 Inti Dot Com memiliki porsi saham sebanyak 21%. Sedangkan Martin Suharlie memiliki porsi saham sebanyak 14%, PT Kresna Karisma Persada memiliki 14,08% dan MCAS mempunyai 12,312%.

Manajemen juga membuka peluang menyuntik dana segar dari Kejora Ventures ke DIVA. "Kejora Ventures & Partners akan mengkaji segala kemungkinan untuk memperbesar DIVA, tentu aja termasuk memberikan dana segar," jelas Suryandy.

Sekadar info, transaksi jual beli ini dipimpin melalui dana InterVest Star SEA Growth Fund I, yaitu dana yang dikelola bersama oleh Kejora Ventures dan InterVest. Dana ini didukung oleh sekelompok mitra seperti Korea Development Bank, Korea Venture Investment Corporation, NH Investment & Securities, Industrial Bank of Korea dan Barito Pacific Group.

Baca Juga: Aturan IMEI Bikin Saham Peritel Ponsel MeroketĀ 

Setelah transaksi, perwakilan dana akan ditunjuk untuk duduk di dewan DIVA pada Rapat Umum Luar Biasa DIVA yang akan datang.

Kejora dan Intervest memiliki total dana kelolaan gabungan lebih dari US$ 1 miliar. Mereka merupakan perusahaan modal ventura yang mengelola aset strategis dan portofolio dari perusahaan-perusahaan teknologi di industri seperti fintech, supply chain, dan e-commerce.

Reporter: Benedicta Prima
Editor: Narita Indrastiti

IHSG
6.231,47
0.21%
-13,00
LQ45
980,77
0.21%
-2,03
USD/IDR
14.085
-0,10
EMAS
756.000
0,53%

Baca juga