Berita Barang Konsumen

Mencicipi Manis Pasar Minuman Ringan Minim Pemanis

Minggu, 14 April 2024 | 07:05 WIB
Mencicipi Manis Pasar Minuman Ringan Minim Pemanis

ILUSTRASI. Warga melintas di samping rak berisi minuman berpemanis di salah satu toko retail, Jakarta, Kamis (14/12/2023). Hasil survei Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menunjukkan 58 persen dari 800 responden mendukung wacana pengenaan cukai pada minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) untuk mengontrol pola konsumsi dan mencegah prevalensi diabetes pada anak yang meningkat 70 kali lipat pada Januari 2023 dibandingkan tahun 2010. ANTARA FOTO/Cahya Sari/sgd/foc.

Reporter: Dimas Andi, RR Putri Werdiningsih | Editor: Asnil Amri

Kebiasaan untuk mengkonsumsi minuman manis tampaknya mulai berubah. Orang tidak lagi mengandalkan rasa manis sebagai standar dalam memutuskan produk minuman apa yang hendak dikonsumsinya. Sebaliknya, banyak yang lebih puas dengan minuman berkadar gula rendah. Bahkan, kadar manis ini sering menjadi acuan saat membeli minuman kemasan di ritel modern. Mana yang mengandung gula paling sedikit itulah yang dipilih.

Andre, salah satunya. Ketika masuk ke minimarket, pasti yang diincarnya adalah minuman berkadar gula rendah. Kalau untuk teh kemasan sekarang sudah banyak yang menawarkan menu teh tawar, tetapi untuk kopi kemasan ia akan menyeleksi berdasarkan kandungan gula paling rendah. "Kalau kopi saya pilih Nescafe UHT karena itu gulanya paling rendah," cetusnya.

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru