Berita Market

Minat Lelang SUN Dibayangi Omicron dan Kenaikan Yield

Senin, 31 Januari 2022 | 04:05 WIB
Minat Lelang SUN Dibayangi Omicron dan Kenaikan Yield

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minat investor pada lelang Surat Utang Negara (SUN), Rabu (3/2), berpotensi menurun. Analis memprediksi pelaku pasar bakal kembali bersikap wait and see lantaran khawatir tingginya penyebaran omicron dan tren kenaikan yield atawa imbal hasil.

Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Ramdhan Ario Maruto memproyeksikan  jumlah penawaran yang masuk pada lelang SUN pekan ini akan turun menjadi sekitar Rp 60 triliun. Sebagai catatan, pada lelang SUN 18 Januari lalu, penawaran yang masuk mencapai Rp 84,84 triliun.

Ramdhan mengatakan, pasca The Federal Reserve (The Fed) bersikap semakin hawkish dalam rapat Federal Open Market Commiittee (FOMC) pekan lalu, yield obligasi Amerika Serikat (AS) bergerak naik seiring rencana AS menaikkan suku bunga acuannya. 

Baca Juga: Lelang SUN 3 Februari Bisa Lesu Karena Kasus Covid-19 Naik dan The Fed Hawkish

Hal ini menyebabkan investor asing lebih tertarik masuk kembali ke pasar keuangan AS. "Investor asing belum bisa diharapkan masuk ke pasar obligasi pemerintah karena suku bunga akan naik di AS," kata Ramdhan, Minggu (30/1).

Pelaksanaan lelang SUN pekan ini akan berlangsung di saat yield SUN tenor acuan juga dalam tren naik. Tercatat, yield SUN tenor 10 tahun berada di posisi tertingginya di level 6,44% hingga Jumat (28/1) akhir pekan lalu.

Pelaku pasar juga dilanda kekhawatiran penyebaran virus omicron yang meluas. Ramdhan mengingatkan, kenaikan kasus pandemi sempat membuat trauma, sehingga saat ini ketidakpastian di masyarakat kembali muncul. "Pelaku pasar kembali wait and see," kata Ramdhan. 

Meski begitu, Ramdhan memproyeksikan penurunan jumlah permintaan di lelang SUN tersebut tidak akan turun terlalu signifikan, lantaran likuiditas di dalam negeri masih melimpah. "Kini, investor domestik yang dapat diharapkan menunjang permintaan, terutama perbankan," terang Ramdhan.

Baca Juga: Pemerintah Siap Lelang Tujuh Seri SUN pada Rabu (2/2), Ini Rinciannya

Seri yang Ramdhan proyeksikan bakal ramai diburu investor adalah seri tenor pendek dan seri tenor 10 tahun.

Terbaru