Berita Ekonomi

MIND ID Dikabarkan Tambah 11% Saham INCO

Selasa, 23 November 2021 | 04:00 WIB
MIND ID Dikabarkan Tambah 11% Saham INCO

Reporter: Arfyana Citra Rahayu, Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Rumor panas berembus di pasar modal domestik. Kali ini, Holding BUMN Pertambangan Mind Id dikabarkan bakal membeli kembali saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Saat ini Mind Id sudah mengempit 20% saham INCO, yang dibeli dari kewajiban divestasi INCO. 

Pada Juni 2020, Mind Id mengakuisisi 20% saham Vale Indonesia di level Rp 2.780 per saham dengan nilai transaksi US$ 290 juta. Perinciannya, Mind Id mengakuisisi 14,9% saham INCO milik Vale Canada Limited (VCL), dan 5,1% saham milik Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM). 
 
Jika mengacu harga saat ini, Rp 4.870 per saham, maka harga yang ditawarkan INCO sudah lebih mahal dari akuisisi sebelumnya. 
 
Belum diketahui Mind Id akan kembali membeli di harga murah atau di level harga saham saat ini. "Mind Id akan kembali membeli 11% saham Vale Indonesia," ucap sumber KONTAN, yang mengetahui informasi tersebut.
 
Sejatinya, 11% saham yang bakal dibeli bukan seluruhnya untuk Mind Id, tetapi akan dimiliki Pemda Sulawesi Selatan. Mind Id hanya akan membeli 5% dan sisanya 6% bakal dipegang Pemda. Belum jelas, apakah akan ada sistem "gendong" oleh Mind Id seperti terjadi pada 10% saham PT Freeport Indonesia saat ini.
 
Corporate Secretary Mind Id, Ratih Amri belum menanggapi permintaan konfirmasi dari KONTAN. Demikian pula Direktur Hubungan Kelembagaan Mind Id, Dany Amrul Ichdan. 
 
Sementara Direktur PT Vale Indonesia Tbk, Bernardus Irmanto mengatakan, semua kewajiban divestasi terkait dengan komitmen amendemen kontrak karya (KK) tahun 2014 sudah dipenuhi.
 
"Terkait kabar divestasi lanjutan sebesar 11% untuk memenuhi kewajiban divestasi sampai 51% bagi perusahaan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), belum ada pembicaraan sampai saat ini," ungkap dia kepada KONTAN, kemarin.
 
Seperti diketahui, pemegang KK asing yang sudah berubah status menjadi IUPK harus menawarkan 51% saham ke pihak nasional sesuai UU No 3/2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. 
 
Vale Indonesia sudah melepas saham ke bursa sebesar 20% dan kepada Mind Id sebesar 20%, sehingga terhitung sudah menjual 40% saham. Alhasil, sisanya tinggal 11% yang belum dilepas oleh INCO. 
    
Terbaru