Berita Keuangan

OJK Sebut, Nasabah Paling Sering Ajukan Pengaduan Soal Perbankan

Selasa, 27 Desember 2022 | 07:00 WIB
OJK Sebut, Nasabah Paling Sering Ajukan Pengaduan Soal Perbankan

Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah pengaduan konsumen industri keuangan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) naik. OJK menerima 14.086 pengaduan seputar produk, jasa maupun layanan industri keuangan yang masuk ke Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) sepanjang periode 1 Januari hingga 16 Desember 2022.

Dari total pengaduan itu, 7.104 atau sekitar 50% merupakan pengaduan ke sektor perbankan. Adapun 6.896 atau 49% pengaduan terhadap Industri Keuangan Non Bank (IKNB), dan 88 atau 0,6% merupakan pengaduan yang berkaitan dengan pasar modal.

Sebagai gambaran, selama tahun ini hingga 16 Desember 2022, total feedback konsumen industri keuangan  yang masuk APPK mencapai 304.890. Dari jumlah itu, 269.522 atau 88,4% berupa pertanyaan seputar industri keuangan, 21.281 atau 6,98% berisi permintaan informasi seputar produk maupun layanan finansial, dan 14.086 atau 4,62% merupakan pengaduan konsumen.  

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru