OJK Sebut, Nasabah Paling Sering Ajukan Pengaduan Soal Perbankan
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah pengaduan konsumen industri keuangan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) naik. OJK menerima 14.086 pengaduan seputar produk, jasa maupun layanan industri keuangan yang masuk ke Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) sepanjang periode 1 Januari hingga 16 Desember 2022.
Dari total pengaduan itu, 7.104 atau sekitar 50% merupakan pengaduan ke sektor perbankan. Adapun 6.896 atau 49% pengaduan terhadap Industri Keuangan Non Bank (IKNB), dan 88 atau 0,6% merupakan pengaduan yang berkaitan dengan pasar modal.
Sebagai gambaran, selama tahun ini hingga 16 Desember 2022, total feedback konsumen industri keuangan yang masuk APPK mencapai 304.890. Dari jumlah itu, 269.522 atau 88,4% berupa pertanyaan seputar industri keuangan, 21.281 atau 6,98% berisi permintaan informasi seputar produk maupun layanan finansial, dan 14.086 atau 4,62% merupakan pengaduan konsumen.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Berlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.