Berita Refleksi

Pahlawan Merah Putih

Oleh Sandy Baskoro - Redaktur Pelaksana
Sabtu, 07 Agustus 2021 | 09:05 WIB
Pahlawan Merah Putih

Reporter: Harian Kontan | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Greysia Polii/Apriyani Rahayu mengukir sejarah baru. Pasangan ganda putri ini menjadi pahlawan bagi Indonesia saat menyumbangkan medali emas di cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Tokyo. Bendera Merah Putih berkibar dan lagu Indonesia Raya berkumandang saat prosesi penyerahan medali emas.

Sumbangsih medali emas Greysia/Apriyani sekaligus menjadi kado terindah di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus nanti.

Medali emas yang disumbangkan Greysia/Apriyani adalah sejarah baru bagi ganda putri Indonesia sejak bulu tangkis pertama kali dipertandingkan dalam ajang Olimpiade 1992 di Barcelona, Spanyol.

Aksi heroik dan pencapaian Greysia/Apriyani bukan terjadi dalam tempo semalam. Pasangan ganda putri asal Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara itu bukanlah atlet karbitan. Mereka sudah memulainya sejak belia.

Ada mimpi, tekad, keringat, dan pengorbanan yang menemani perjalanan Greysia/Apriyani hingga akhirnya tampil di podium juara.Sederhananya, persiapan matang dan pembinaan yang terukur adalah kunci sukses Greysia/Apriyani dan para atlet bulu tangkis Indonesia lainnya dalam mengharumkan nama bangsa di dunia internasional.

Cabang olahraga bulu tangkis memang terus mempertahankan tradisi emas di ajang Olimpiade sejak Barcelona (1992) hingga Tokyo (2020).

Di momentum bulan kemerdekaan ini, sejatinya seluruh rakyat Indonesia bisa menjadi "pahlawan" yang berjuang membela bangsa selayaknya Greysia/Apriyani.

Ya, di masa wabah Covid-19 ini, para tenaga kesehatan yang berada di garis terdepan penanganan pandemi sangat layak disebut sebagai pahlawan bangsa. Hingga kini, sudah lebih dari 1.000 tenaga medis meninggal akibat Covid-19. Belum lagi tingkat kematian secara total akibat Covid-19 di Indonesia yang sudah menembus 104.256 orang.

Di tengah upaya pemerintah yang belum maksimal menanggulangi wabah Covid-19, kita bisa berandil untuk menghentikan eskalasi kasus Covid-19. Aksi heroik kita tak perlu muluk-muluk, misalnya dari hal yang paling sederhana namun memiliki impak besar, yakni menerapkan protokol kesehatan 5M.

Terpenting, pemerintah harus memastikan penanggulangan Covid-19 berjalan maksimal tanpa mengorbankan rakyat. Ingatlah selalu ungkapan: salus populi suprema lex esto, keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi bagi suatu negara. 


Baca juga